Zaidul Akbar Ungkap 3 Makanan Wajib Buat Sarapan, Atasi Banyak Penyakit Hingga Bikin Anak Cerdas

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Lifestyle – Sarapan memiliki peranan penting untuk menunjang aktivitas kita dalam satu hari. Namun sayangnya, tidak sedikit dari kita yang memilih sarapan sembarangan. Umumnya, kita lebih suka sarapan dengan makanan tinggi lemak dan karbohidrat. Padahal, itu salah dan tidak baik bagi tubuh.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Pendakwah sekaligus praktisi herbal, dr. Zaidul Akbar mengungkap bahw penting bagi masyarakat untuk mengonsumsi sayuran dan buah. Scroll untuk informasi selengkapnya.

"Pagi pagi mulai besok sarapannya dirubah. Bapak ibu pernah liat khalifah enggak? Khalifah itu gagah, saya sudah bilang tadi manusia itu diciptakan Allah untuk menjadi khalifah. Khalifah itu kira-kira makan nasi uduk enggak? Lebih pas itu khalifah makan buah sayur yang sehat-sehat untuk menjalankan perannya sebagai khalifah," kata beliau dikutip dari tayangan YouTube, Rabu 31 Januari 2024. 

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Zaidul Akbar menjelaskan, sarapan terbaik adalah dengan mengonsumsi kurma. Hal ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

"Pagi-pagi itu sarapanya yang bagus minimal makan kurma. Nabi Muhammad menganjurkan pagi-pagi makan kurma. Kurma ada ajwa, gak ajwa juga boleh. Pagi-pagi sarapan dirubah. Sarapan konsepnya jangan makan banyak, lalu kapan makan banyaknya? Siang," jelasnya.

Tak lupa, praktisi pengobatan sunah Indonesia itu memberikan sejumlah resep menu sarapan sehat dengan bahan utama kurma, tempe, garam himalaya, madu dan jeruk nipis.

"Dikasih tempe, tempe bagusnya jangan digoreng bagusnya dimakan mentah. Karena tempe protein kalau dipanaskan akan hilang. Masih ada, tapi lebih sehat kalau dikonsumsi mentah," jelasnya.

Setelah tempe dan kurma dimasukkan dalam sebuah wadah, tambahkan jeruk nipis, madu dan garam himalaya. Garam himalaya ini menurut Zaidul, kaya akan mineral yang bagus untuk membantu penyerapan.

"Aduk. Enak karena ada manis, kecut, ini sarapan pagi bagus. Karena pagi kita butuh energi. Ada karbo, protein," ungkapnya.

Pabrik Tahu Tempe

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, menu tempe ini juga bisa dibuat sandwich tempe dengan kurma yang dicampurkan dengan tepung non gluten. Setelah itu, panggang ketiga bahan tersebut di dalam oven. 

"Makan yang mentah (tempe) gizinya masih utuh sedangkan kurma prebiotik. Tempe justru sehat kalau tidak digoreng. Bisa buat sarapan pagi. Atau mungkin tempe dan kurma yang diberi tepung non gluten kemudian dioven. Jadi sandwich, tidak ada gula, lemak, minyak," pungkasnya.

Zaidul Akbar lebih lanjut menjelaskan, rutin mengonsumsi tempe mentah dan kurma saat sarapan ternyata baik bagi kesehatan. Sering mengonsumsi tempe dan kurma menurut Zaidul, dapat menghilangkan banyak penyakit, dua di antaranya adalah maag dan masalah pencernaan. 

"Dikonsumsi setiap hari akan banyak penyakit yang hilang. Insya Allah maag. Obat maag terbaik atau obat masalah pencernaan, apalagi kalau bukan tempenya di jus," tuturnya. 

Zaidul Akbar juga memberikan resep membuat susu tempe yang bisa dikonsumsi untuk sarapan. Selain dapat mengenyangkan, susu tempe ini juga baik untuk anak-anak lantaran dapat meningkatkan kecerdasan.

"Masukkan tempe, kurma dan air. Bikin apa-apa pemanisnya kurma. Jauh lebih sehat. Bisa kasih pisang lagi agar manis. Jangan lupa kasih garam himalaya, ini mengikat khasiat yang dibuat jadi lebih baik. Bisa tambahkan jahe bisa buat pewangi juga. Pagi-pagi makan ini kenyang, protein ada prebiotik ada," jelas Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya