Saranin Jangan Bedakan Anak Laki-laki dan Perempuan, Dian Sastro: Pola Pikir Orangtua Perlu Dibuka

Aktris Dian Sastrowardoyo
Sumber :
  • instagram.com/therealdisastr/

JAKARTA – Aktris peran Dian Sastrowardoyo memahami pentingnya peran orangtua dalam membentuk pola pikir dan membangun minat anak. Orangtua memiliki kendali untuk membuka pandangan anak tentang bagaimana cara mereka melihat dunia.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

"Aku memang melihat peran orangtua itu penting banget, apalagi peran orangtua itu akan membentuk pola pikir si anak," kata Dian Sastrowardoyo dalam acara Graduation Day Perempuan Inovasi 2023, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Maret 2024. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Bagaimana anak melihat dunia, bagaimana dia akan memiliki paradigma dia sendiri tentang apa sih artinya sebagai perempuan. Apakah saya jadi beda dengan saudara saya yang laki-laki. Itu semua itu dibentuk di alam bawah sadarnya oleh pola pikir parents atau orangtua," tambahnya.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Dian Sastrowardoyo

Photo :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

Lebih lanjut, Dian juga berharap agar orangtua tidak membeda-bedakan anak laki-laki dan anak perempuan. 

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

"Aku tuh melihat bahwa, justru pola pikir orangtua ini yang perlu agak dibuka, jangan sampai membeda-bedakan anak yang laki-laki dan perempuan," kata Dian.

Dian Sastro, berharap baik anak laki-laki ataupun perempuan ke depannya memiliki kesempatan yang sama.

"Kita pengin anak perempuan dan anak laki-laki di kemudian hari memiliki kesempatan yang sama nih. Berarti kan harus ada starting point yang sama," kata Dian. 

"Kalau misalkan sekarang belum ada tuh, kadang anak perempuan jauh lebih gak pede karena berangkat dari rumah mereka sudah ke-brain wash 'kamu anak perempuan ya, anak perempuan itu gak usah terlalu ambisius, toh sekolah tinggi-tinggi ujung-ujungnya urus rumah'. Nah, itu aja yang buat perempuan jadi gak usaha full. Gak maksimal mengasah kemampuannya," ungkapnya.

Dian sendiri sebagai orangtua berusaha memberi kesempatan yang sama untuk anak laki-laki dan perempuannya. 

"Saya sendiri sebagai orangtua penginnya bisa memberikan kesempatan dan juga encouragement anak laki dan perempuan itu sama, jadi gak dibeda-bedain," pungkas Dian Sastro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya