Dian Sastrowardoyo Ungkap Manfaat Luar Biasa Pendidikan Vokasi

Konferensi Pers
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

JAKARTA  – Program Perempuan Inovasi 2024, yang merupakan hasil kolaborasi Markoding dengan Magnifique Indonesia dan Yayasan Dian Sastrowardoyo, berkesempatan untuk bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia sebagai mitra strategis guna mendukung cita-cita memajukan perempuan Indonesia di bidang teknologi. 

DPR Sahkan RUU KIA, 5 Negara Ini Punya Durasi Cuti Hamil yang Lama!

Berdasarkan informasi dari keterangan tertulis, melalui kerja sama ini, program Perempuan Inovasi 2024 ingin memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada perempuan dari berbagai latar belakang pendidikan vokasi untuk terlibat dalam pelatihan keterampilan digital yang relevan dengan kebutuhan saat ini sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang dapat bersaing secara global.

Aktris Dian Sastrowardoyo selaku Founder Yayasan Dian Sastrowardoyo mengungkap pentingnya pendidikan vokasi, yang dapat membekali peserta didik sesuai dengan bidang yang mereka diinginkan. 

10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Ditetapkan Jadi Warisan Dunia UNESCO

"Pendidikan vokasi membekali peserta didik dengan skill praktikal dan pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya," kata Dian Sastrowardoyo. 

Jokowi Senang Ada Sekolah Internasional di IKN, Pakai Kurikulum Cambridge

Menurut Dian, pendidikan vokasi dapat melahirkan lulusan-lulusan yang memiliki talenta siap kerja dan memiliki daya saing. Hal itu dikarenakan, sejak di bangku sekolah, peserta didik sudah fokus dengan pengembangan keterampilan. 

"Sehingga, lulusannya dapat menjadi talenta siap kerja dan bersaing secara global karena sejak sekolah sudah fokus dengan pengembangan keterampilan dan teknologi adaptif," kata Dian.

Kemampuan yang dimiliki peserta didik vokasi akan semakin meningkat dan matang dengan adanya pelatihan keterampilan yang diberikan oleh program Perempuan Inovasi, sehingga bisa lebih siap menghadapi tantangan dan persaingan untuk mendapat pekerjaan.

"Dengan berbagai terapan disiplin yang dimiliki oleh anak-anak vokasi ditambah dengan pelatihan keterampilan abad 21 yang diberikan dari program Perempuan Inovasi dapat menjadi bekal yang lebih matang untuk menghadapi tantangan dan persaingan secara nasional maupun global untuk mendapatkan pekerjaan maupun memulai bisnis sendiri," kata Dian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya