Tips Ajari Si Kecil Kelola Keuangan Sejak Dini

Ilustrasi menabung
Sumber :

VIVA.co.id – Bagi anak-anak, uang hanya sekedar alat jual beli untuk kebutuhannya. Padahal, anak perlu memahami bahwa mengelola keuangan adalah suatu hal yang penting untuk ia lakukan.

Caca Tengker Kasih Cara Jitu Ajarkan Anak Mengelola Keuangan Sejak Dini

Pemahaman soal mengelola keuangan, ternyata harus diberikan pada si kecil sejak dini. Hal ini untuk menghindari sifat boros pada dirinya. Berikut cara mengenalkan pengelolaan uang pada si kecil, dikutip dari laman Today's parent.

1. Diskusi mengenai uang

Datangi Bank Sampah di Jakbar, Erick Thohir Nabung Kardus Bekas

Jangan ragu untuk membicarakan mengenai hal-hal umum terkait keuangan. Membicarakan mengenai hal dasar keuangan seperti tabungan, investasi dan sebagainya, memicu si kecil untuk percaya diri melakukan hal tersebut dikemudian hari.

Buat si kecil memahami, darimana asal muasal uang yang diberikan padanya. Selain itu, ajak si kecil untuk berpikir cara jual beli dengan uang yang ada di kantongnya.

4 Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan yang Stabil Secara Finansial

2. Berkata jujur

Satu hal yang paling umum dan penting untuk mengajarkan si kecil mengenai uang yaitu tidak berkata bohong. Misal, saat si kecil minta suatu hal, katakan yang sebenarnya mengapa ia diperbolehkan atau tidak diperbolehkan membeli barang itu. Ini penting untuk meningkatkan rasa percayanya pada Anda.

3. Ajari mengontrol diri

Mengontrol diri si kecil adalah kunci utamanya. Ajarkan buah hati Anda untuk tidak mengikuti nafsunya dalam membeli sesuatu. Ajak ia untuk mau sabar dan menunggu, disertai pentingnya menabung untuk membelinya dengan usahanya sendiri.

4. Menjadi role model

Saat usia tujuh tahun, si kecil mulai mengembangkan kebiasaan terkait keuangan. Nah, paparkan konsep mengelola keuangan secara mendetail di usia tujuh tahun ini. Misal, ajak ia ke bank dan bicarakan bahwa mengatur keuangan melalui menabung di bank, bisa membuat keuangannya menjadi lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya