Siasat Jitu agar Anak Gemar Makan Sayur

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Studi terbaru menemukan bahwa anak-anak di Amerika Serikat berusia hingga dua tahun, seringkali kekurangan makanan segar. Sebesar 25 persen dari anak-anak tersebut bahkan tidak mengonsumsi sayuran sama sekali.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Kesulitan mengonsumsi sayuran, memang hampir dialami oleh anak di usia sebelum dua tahun. Untuk itu, ahli gizi senior, Sarah Romotsky, memaparkan lima cara mudah membuat anak menyukai sayuran. Berikut ini seperti dilansir dari laman Medical Daily.

Camilan sehat

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Jadikan sayuran sebagai camilan sehari-hari agar anak terbiasa. Para ahli merekomendasikan dengan makanan kecil yang mudah dikonsumsi, diharapkan membuat anak mulai menyukai sayuran.

Tipuan sayur

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Saat memanggang kue, ganti pemanis yang biasa dijadikan topping dengan sayuran. Bisa juga mengganti daging di lasagna menjadi potongan kecil brokoli atau bayam dengan sedikit keju. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan sehingga nantinya si kecil dapat dengan sendirinya memilih makanan sehat untuknya.

Padukan semua

Hanya karena si kecil tidak menyukai wortel, bukan berarti ia benar-benar tidak menginginkannya. "Si kecil biasanya lebih menyukai rasa yang gurih atau sensasi dingin usai dikeluarkan dari lemari es," ujar Sarah.

Coba lagi

Meski si kecil menolak saat diberikan sajian berisi sayur, bukan berarti Anda harus menyerah. Biasanya, anak kecil masih sangat berubah-ubah suasana hatinya, sehingga tidak menutup kemungkinan dia akan menyukai makanan sama yang Anda sajikan di kemudian hari.

Kreatif

Diharapkam agar orangtua lebih mampu berkreasi dalam menyajikan sayuran. Makanan gurih bisa dicampur dengan sayuran, pasta sayur, sup tomat, dan sebagainya. Pilih untuk memasak hidangan modern dan disukai anak untuk kemudian dicampur dengan sayuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya