Anak Mudah Bosan, Orangtua Mesti Lebih Kreatif

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Skitterphoto

VIVA.co.id – Ketika asyik bermain, anak-anak sering mengalami kebosanan yang tiba-tiba. Hal itu membuat orangtua menjadi bingung. Padahal, jika orangtua memahami ada kunci utama untuk mencegah kebosanan si buah hati.

Ternyata, Bermain Bisa Jaga Daya Tahan Stress Anak

Usia anak memang rentan mengalami kebosanan karena sulitnya untuk fokus dalam satu hal saja. Sebelumnya, para orangtua harus mengkaji ulang apakah mereka sudah memberikan jenis mainan yang bervariasi.

"Kalau anak cepat bosan, sebagai orangtua yang mendampingi, coba dilihat apakah permainannya sudah bervariasi atau belum. Kemudian, cek juga apakah anak sudah kita temani bermain atau dia ternyata main sendiri," ujar spesialis anak, dr. Markus Danusantoso SpA., dalam acara Early Learning Center, di kawasan Jakarta Pusat.

IDAI Beri Tips Pilih Mainan Tepat untuk Anak

Dengan menemani anak, maka meminimalisasi pula perasaan bosan pada anak. Sebab, si kecil merasa tertantang dengan kehadiran orangtua yang mengajaknya menyelesaikan permainan bersama-sama.

"Menyusun permainan itu sebaiknya harus ditemani, bekerjasama, sehingga anak merasa tidak monoton. Kunci paling utama saat sedang menemani bermain adalah ekspresi orangtua," lanjutnya.

Pandemi Picu Anak Jadi Pendiam, Ajak Main Ini Agar Jago Sosialisasi

Ya, ekspresi bahagia dan ceria harus mampu diberikan oleh orangtua. Ekspresi ini menjadi yang paling utama untuk mencegah hadirnya rasa bosan pada anak.

"Walaupun mainnya itu itu lagi, tapi kalau ekspresi orangtuanya menyenangkan dan memberi perasaan bangga pada anak, rasa bosan sulit timbul. Jadi kita sebagai orangtua, harus benar-benar mencurahkan perhatian pada anak saat anak bermain."

Ilustrasi anak pakai kacamata/main gadget.

Bahaya Kecanduan Game Online pada Anak dan Cara Mengatasinya

Kecanduan game online nyatanya dapat mengganggu fokus dan kinerja akademis anak. Waktu yang dihabiskan untuk bermain game dapat mengganggu waktu belajar dan tugas sekolah

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2023