Pengasuhan Ayah Tentukan Tingkat Kecerdasan Anak

Ayah dan anak
Sumber :
  • Pixabay/Aldertree

VIVA.co.id – Menurut sebuah studi, ayah yang memiliki sikap tenang dan aktif menjalin ikatan dengan buah hatinya, bisa memberikan dampak positif pada kecerdasan anak.

Geger Pria Pintar Jadi Pengangguran, Sebut Bentuk Balas Dendam ke Orangtua

Sekarang, ayah memang tidak lagi menjadi pencari nafkah, tapi mereka juga punya bagian dalam pengasuhan anak. Penelitian ini membuktikan bahwa banyaknya interaksi antara ayah dan anak bisa meningkatkan keterampilan anak di masa depannya.

"Pesan yang jelas bagi para ayah baru di sini adalah ikut terlibat dan bermain bersama anak mereka," ujar peneliti Profesor Paul Ramchandani dari Imperial College London seperti dikutip The Independent.

Pola Asuh Anak, Mengapa Remaja Perlu Tahu

Ramchandani menambahkan, dari usia sangat dini pun bermain dan berinterksi dengan anak tetap bisa memberikan efek positif.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ayah yang memiliki sikap positif dan tidak pencemas cenderung memiliki anak yang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik.

Caca Tengker Ungkap Pilunya Dibandingkan Orang Tua, Sentil Nagita Slavina?

Meski demikian ada keterbatasan dalam penelitian ini. Walaupun penelitian ini membuktikan adanya keterkaitan antara interaksi ayah-anak, orangtua yang direkrut dalam penelitian ini diambil dari populasi yang memiliki latar belakang pendidikan yang relatif lebih baik.

Selain itu, pengukuran interaksi yang diambil hanya melalui video singkat yang mungkin tidak benar-benar mewakili bagaimana ayah berkomunikasi dengan anak-anak mereka di situasi berbeda.

Gigi Hadid dan Mohamed Hadid

Mohamed Hadid Buka-bukaan soal mengasuh Gigi, Bella, dan Anwar Hadid

Mogul real estate asal Palestina, Mohamed Hadidbuka-bukaan mengenai cara mengasuh anak-anaknya, yaiyu Gigi Hadid, Bella Hadid dan Anwar Hadid. Begini cara Ia mengasuhnya.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2023