Cara Mudah Meredakan Stres pada Anak

Ilustrasi anak-anak.
Sumber :
  • pixabay/Kadie

VIVA.co.id – Ternyata melakukan praktik menenangkan pikiran secara rutin, tidak hanya dianjurkan kepada orang dewasa, namun juga anak-anak. Sebab, menenangkan pikiran atau relaksasi yang dilakukan rutin bisa berdampak baik pada kesehatan si kecil.

5 Tanda Anak Stres di Sekolah dan Pertemanan

Dilansir dari laman Today's Parent, menurut seorang guru dan penulis buku Good Morning, Sunshine! A Story of Mindfulness, Trina Markusson, menenangkan pikiran atau relaksasi akan mencegah stres dan membantu meningkatkan kekuatan secara emosional.

"Menenangkan pikiran, artinya fokus dengan keadaan saat ini," ujar Trina.

Kesalahan Mengasuh Anak ini Jadi Biang Stres Ibu Milenial

Trina telah mempelajari cara menenangkan pikiran dan mengurangi stres selama 15 tahun. Ia menyadari pentingnya rasa nyaman dan relaksasi yang dilakukan, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak karena beban pikiran yang ditumpuk akan memicu gejala secara fisik.

"Kita sebenarnya sering melihat anak-anak yang khawatir terhadap suatu hal. Jika dibiarkan, kecemasan dan kekhawatiran akan menjadi pemicu gangguan kesehatan mentalnya," tutur dia.

Stres Picu Anak Lakukan Kekerasan?

Trina melanjutkan, cara-cara meredakan stres pada anak sebenarnya sangat sederhana. Beberapa caranya mencakup pernapasan perut, fokus pada pancaindera, mengekspresikan kemampuan dan bersahabat dengan emosi saat itu.

Misalnya, saat si kecil sulit tidur, ajak ia melakukan pernapasan perut atau bernapas secara dalam. Di hari lain, ajak si kecil menyebutkan tiga hal yang patut disyukuri saat itu. Hal ini efektif membuat tubuh lebih nyaman karena relaksasi dan membuang pikiran negatif dari tubuh. (art)

Ilustrasi orangtua dan anak.

Pandemi Virus Corona Picu Stres, Ini Pola Asuh Tepat untuk Anak

Pola asuh dengan rutin interaksi dan hangat yang lebih dibutuhkan anak

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2020