Manfaat Puasa untuk Anak

Ilustrasi anak berbuka puasa.
Sumber :
  • Pixabay/ambroochizafer

VIVA.co.id – Puasa memang tidak diwajibkan bagi anak-anak yang belum akil balig. Tetapi, tidak ada salahnya mengajarkan puasa sejak dini pada anak-anak.

Puasa Ramadan Bermanfaat Memicu Detoksifikasi Alami Tubuh

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengajarkan si kecil berpuasa. Tidak hanya bisa melatih mereka menjalankan ibadah wajib bagi umat Islam, tetapi puasa ternyata juga memberikan dampak positif bagi tubuh mereka.

Dokter spesialis gizi klinis dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, mengatakan, berdasarkan penelitian, puasa bisa meningkatkan sistem imun pada anak.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

"Sehingga, anak jadi jarang sakit, serta menghindarkan stres oksidatif yang merupakan penanda peradangan, atau inflamasi," kata Dian kepada VIVA.co.id.

Meski demikian, sebaiknya puasa pada anak hanya sebatas pada proses belajar dan pengenalan saja. Orangtua bisa sambil mengajarkan pada anak mengenai ibadah, mengendalikan diri, sabar, dan disiplin.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

"Pada anak yang sebelum akil baligh, atau balita, boleh ajarkan puasa tapi sebatas mengenalkan bahwa puasa seperti ini. Tidak usah dipaksa sampai magrib, karena itu hanya belajar," kata Dian. (asp)

Rossa

Anak Puasa, Rossa Tak Pernah Kasih Hadiah

Anaknya paham bahwa berpuasa kewajiban umat Islam.

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2018