Ide Permainan Agar Anak Tak Bosan saat Mudik

Car seat bayi di mobil.
Sumber :

VIVA.co.id – Dalam perjalanan yang cukup panjang saat mudik seringkali bisa menjadi hambatan untuk anak-anak yang sulit untuk bersabar dan tenang hingga sampai di tujuan. Karenanya, orangtua harus menyiapkan bekal agar anak betah di perjalanan dan tidak memikirkan jarak yang panjang.

Bahaya Kecanduan Game Online pada Anak dan Cara Mengatasinya

Psikolog anak Anna Surti Ariani menyarankan, untuk anak-anak yang masih cukup kecil sebaiknya persiapan mudik sudah dimulai beberapa minggu sebelum keberangkatan. Caranya dengan menggunakan teknik kalender.

"Perlihatkan kalender dan ajarkan cara kerja kalender. Kemudian sampaikan kalau tanggal sekian kita akan pergi dengan naik mobil dan ada banyak barang yang dibawa di bagasi, dan sebagainya," ujar psikolog dengan sapaan Nina kepada VIVA.co.id.

Ternyata, Bermain Bisa Jaga Daya Tahan Stress Anak

Jadi, ceritakan dengan komplet kepada anak sehingga ia bisa membayangkan seperti apa perjalanannya. Lalu, saat di perjalanan mudik yang sesungguhnya, agar anak tidak memikirkan perjalanan yang jauh dan keinginan untuk berhenti di tengah jalan, ibu bisa menyiapkan permainan.

Salah satu permainan efektif di perjalanan untuk anak-anak adalah menghitung angka, misalnya ada berapa jumlah mobil berwarna merah yang melintas, atau truk, dan sebagainya.

IDAI Beri Tips Pilih Mainan Tepat untuk Anak

Bisa juga dengan permainan menyebutkan kata atau yang populer dengan nama Pancasila Lima Dasar. Minta mereka menyebutkan nama-nama binatang atau tokoh idolanya dari huruf yang terpilih.

"Atau permainan dongeng bersambung, misalnya ibu menceritakan satu kalimat kemudian dilanjutkan oleh ayah, kakak, dan adik, dan seterusnya. Ini juga bisa jadi permainan imajinatif bagi anak," imbuh Nina.

Jika ibu ingin lebih repot lagi, beberapa hari sebelum perjalanan bisa menyiapkan permainan teka-teki. Kemudian teka-teki tersebut dicetak ke selembar kertas sebagai bahan contekan ketika perjalanan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya