Cara Siasati Si Kecil Doyan Sayur

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Banyak anak-anak yang memilih untuk mengonsumsi banyak lauk dan karbohidrat, tanpa ada tambahan sayur mayur. Padahal, kandungan baik dalam sayuran, sangat dibutuhkan untuk tubuh si kecil.

Dhena Frizzy Bagi Tips Biar Anak Doyan Sayur

Di masa pertumbuhan anak, sayur dibutuhkan agar membuat saluran pencernaannya bekerja dengan baik. Sayangnya, anak-anak cenderung merasa malas untuk mengonsumsi sayur. Hal ini sebenarnya butuh pendekatan dari orangtua sejak dini.

"Kendala untuk anak-anak menyukai sayur itu dimulai dari persepsi orangtua. Orangtua banyak yang merasa bahwa sayur bukan makanan utama, sehingga anak-anak jadi enggak terbiasa," ujar ahli gizi, Rita Ramayulis, kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Tips Mudah Biasakan Anak Makan Sayur dan Buah

Dipaparkan Rita, orangtua bisa memulai mendekatkan anak dengan sayuran agar si kecil mulai mengenalnya sejak dini. Jika diperlukan, sosok psikolog untuk memberikan pemahaman yang tepat pada anak terkait pentingnya sayuran, bisa dijadikan sesi untuk edukasi tersendiri.

"Ubah persepsi si kecil juga melalui pendekatan personal. Kalau perlu, jika anak sudah trauma, bisa ajak ke psikolog agar pemahaman akan sayurnya bisa lebih baik," kata Rita.

Tips Ajarkan Anak Agar Hobi Makan Sayur

Selain itu, siasati cara memakan sayur, juga dibutuhkan agar si kecil tidak trauma dengan rasa sayur yang cenderung hambar. Kuncinya, yaitu dimakan berbarengan dengan lauk yang sudah dibumbui.

"Bantu bumbu pada lauk untuk membuat rasa sayur bisa diterima. Jadi, peningkatan rasa melalui bumbu lauk dapat membantu anak menyukai sayur."

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

5 Trik Bikin Anak Mau Makan Sayuran

Sayangnya tak semua orang suka makan sayuran, terutama anak-anak, sehingga menjadi problematika bagi para ibu dalam mengolah sayur.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2021