Bayi Terkena Ruam Popok Jangan Diberi Bedak, Ini Bahayanya

Ilustrasi popok bayi
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA.co.id – Ruam popok adalah masalah kulit yang banyak dialami oleh para bayi. Biasanya ruam ini muncul di daerah yang tertutup popok seperti bokong dan lipatan paha. 

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Apa saja penyebabnya? Banyak hal antara lain bakteri, kontak kulit dengan urine, gesekan popok dengan kulit dan infeksi jamur akibat popok yang lembap dan hangat. Demikian dijelaskan oleh Dr. Jerome Valleteau de Moulliac.

"Ruam bisa terjadi karena banyak hal seperti urine, feses, gesekan dengan kulit bayi yang sensitif," kata dia di Jakarta, Rabu, 13 September 2017. 

Rentan Infeksi, Begini Cara Tepat Rawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Sebenarnya ruam popok dapat dicegah atau diatasi. Mulailah dengan rajin mengganti popok bayi. Jangan tunggu sampai popok bocor. 

Selanjutnya, pastikan Anda membilas hingga bersih dan memastikan kelamin benar-benar kering. Biarkan kulit bayi bernapas sejenak sebelum memasang popok baru. 

Selain Ruam Popok, Infeksi Saluran Kemih Intai Bayi Jika Salah Gunakan Popok

Jika mau, Anda dapat menggunakan krim pelindung khusus untuk bayi yang dioleskan di area yang rentan mengalami ruam. Tak hanya itu hindari penggunaan bedak untuk mengatasi ruam karena hanya akan memperparah kondisi tersebut.

"Jangan berikan bedak pada daerah yang teriritasi. Bedak justru akan semakin memicu iritasi kulit," kata dr. Moulliac. (mus)
 

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024