Taman Baca, Solusi Rendahnya Minat Baca Anak Indonesia

Anak Membaca
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA.co.id – Tingkat literasi di Indonesia masih sangat rendah. Menurut data statistik UNESCO pada tahun 2012, minat baca Indonesia sebanyak 0,001 persen. Hal ini berarti dari 1.000 penduduk hanya satu orang saja yang memiliki minat baca.

Membacakan Buku Sejak Dini, Efektif Picu Minat Baca Anak

Programme for International Student Assessment (PISA) menyebut, budaya literasi masyarakat Indonesia terburuk kedua dari 65 negara yang diteliti di dunia. Indonesia menempati urutan ke-64 dari 65 negara tersebut. PISA menyatakan, tidak ada satu pun siswa di Indonesia yang meraih nilai literasi di tingkat kelima, hanya 0,4 persen siswa yang memiliki kemampuan literasi tingkat empat. Selebihnya di bawah tingkat tiga, bahkan di bawah tingkat satu. 

Untuk meningkatkan budaya literasi dan minat baca anak-anak di Indonesia, Arya Noble berkolaborasi dengan Taman Baca Inovator mendirikan Taman Baca Jendela Dunia di SD Dinamika Indonesia Bantar Gebang, Bekasi. Peluncuran Taman Baca Jendela Dunia ini bertujuan untuk membantu program Pemerintah dalam peningkatan budaya literasi dan minat baca anak-anak khususnya di daerah pinggir Ibu Kota Jakarta. 

Taman Bacaan, Sarana Anak Meningkatkan Literasi dan Potensi Diri

"Di dalam Taman Baca ini bukan hanya buku saja yang kita berikan, tetapi kita juga buat program-program yang berkaitan dengan peningkatkan budaya literasi dan minat baca anak," ujar Chief Corporate Services Officer Arya Noble, Andreas Bayu Aji melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Kamis 5 Oktober 2017.

Sejalan dengan itu, pihak Yayasan Taman Baca Inovator meyakinkan tingginya minat baca anak Indonesia harus dibarengi dengan fasilitas yang memadai. Dengan begitu, minat baca akan membuka kacamata anak-anak untuk mengeksplor dunia lebih luas.

Tips Mudah Membiasakan Anak Gemar Membaca

"Kami hadir sebagai fasilitator kepada anak-anak. Selama ini kami menerapkan Program Membaca Bersama, Belajar Bahasa Inggris, Lomba Membaca, dan Creativity Day di tiap Taman Baca Inovator. Anak-anak menjadi semakin senang untuk membaca sehingga menambah pengetahuan dan kreatifitas mereka," tutur Ketua Yayasan Taman Baca Inovator, Yessi Chandra. (mus)

Menemani Anak Membaca

Cegah Hoax Merajalela, Tanamkan Minat Membaca Pada Anak

Literasi rendah mengakibatkan hoax.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2020