Catat, Ini Lima Event Unggulan Banyuwangi di 2018

Pertunjukan kesenian Banyuwangi
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Isra

VIVA – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meluncurkan Top 77 Calender of Event Banyuwangi Indonesia Festival 2018 di Gedung Kementerian Pariwisata Jakarta.  Dari 77 event yang akan digelar sepanjang tahun 2018 ini, pihak pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah memilih lima event unggulan yang mampu menarik jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Plesiran ke Daerah Jawa Timur, Ini Daftar Tempat Kece di Banyuwangi

"Dari top 77 calender of event ini kami memiliki lima event unggulan seperti Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Banyuwangi Etno Carnival, Festival Gandrung Sewu, Banyuwangi Beach Jazz Festival, dan Ijen Summer Jazz," ungkap Azwar di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis, 1 Februari 2018.

Lebih lanjut, Tour de Banyuwangi menjadi salah satu ajang balap sepeda bergengsi selain Tour de Flores. Selama lima tahun penyelenggaraannya, tour ini pun telah masuk agenda resmi UCI dan sudah diakui sebagai salah satu ajang balap sepeda terbaik di Indonesia.

Banyuwangi, Pesona Ujung Timur Pulau Jawa yang Menawan

Pasalnya, ajang tersebut tidak hanya menonjolkan sisi olahraga, namun juga sebagai cara Banyuwangi mengenalkan pesona wisatanya. Selain rute balapan, peserta akan menyusuri keindahan alam Banyuwangi dan sejumlah destinasi wisata. Untuk kegiatan ini sendiri akan digelar pada 26 hingga 29 September 2018.

"Sedangkan untuk event Bayuwangi Ethno Carnival yang digelar pada 29 Juli dan Gandrung Sewu yang digelar pada 20 Oktober ini paling banyak diminati wisman karena konsepnya para wisatawan ini dapat berbaur dalam atraksi berkesenian yang melibatkan masyarakat setempat," jelasnya.

Pesona Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi, Dapat Penghargaan ISTA 2019

Selain itu, Ijen Summer Jazz yang akan digelar pada 22 September juga tak kalah menarik. Karena menyuguhkan pagelaran musik yang berpadu dengan pemandangan indah alam Gunung Ijen. Pada tahun lalu, event ini diselenggarakan di panggung terbuka amfiteater Jiwa Jawa Resort Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Menariknya, dari 77 event itu ada tiga event yang masuk menjadi bagian dari program 100 Calender of Event Wonderful Indonesia 2018.

Tiga event itu antara lain Banyuwangi Etno Carnival yang masuk dalam Top 10 Nasional Event, sedangkan Internasional Tour de Banyuwangi Ijen dan Gandrung Sewu masuk ke dalam Top 100 Nasional Event.

Beberapa event unggulan itu pun diharapkan akan mampu mendatangkan wisman ke Banyuwangi yang tahun ini ditargetkan sebanyak 100 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya