Serunya Menjelajah Kota Penang dengan Bus HoHo

Bus HoHo atau Hop On Hop Off saat melintas di Georgetown, Penang, Malaysia.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Ke Penang, Malaysia tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi berbagai lokasi wisata di daerah kepulauan Negeri Jiran tersebut. Namun, bagaimana jika pengunjung tidak memiliki banyak waktu untuk menjelajah kota Penang?

Tips Liburan Hemat ke Genting Highlands Malaysia Ala 3 Travel Influencer

Pengunjung bisa mencoba menaiki bus wisata HoHo atau Hop on Hop Off. Bus double decker yang atapnya terbuka ini ternyata menjadi pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Penang.

Di atap yang terbuka disediakan bangku bagi wisatawan untuk bisa menikmati Penang sembari berkeliling. Bagi yang tidak suka terkena sinar matahari, pengunjung juga bisa memilih tempat duduk di bagian bawah, tempat ini juga telah disediakan AC untuk menambah kenyamanan pelanggannya.

7 Rekomendasi Wisata di Malaysia, Cocok untuk Libur Panjang Akhir Pekan

Bus wisata ini memiliki dua rute, yaitu rute kota dan rute pantai. Pengunjung cukup hanya membayar RM45 atau setara dengan Rp170 Ribu. Dengan sekali bayar, penumpang bus dapat menikmati kota Penang selama 24 jam.

Bus tersebut akan berkeliling ke 22 lokasi wisata yang hit di Penang. Seperti Penang Hill, Entopia, National Park, Miami Beach, Komtar, George Town Unesco Heritage, The Habitat, Chowrasta Market, Kek Lok Si, Clan Jetties, Cruise, Blue Mansion, Botanical Garden dan banyak lokasi keren lainnya.

13 Tempat Wisata Paling Terkenal di Malaysia yang Bisa Anda Kunjungi

Bus HoHo atau Hop On Hop Off saat melintas di Georgetown, Penang, Malaysia.

Wisatawan juga bisa turun di mana saja sesuai keinginan. Kemudian, jika bosan bisa berpindah ke lokasi lain dengan menggunakan bus serupa di tempat shelter bus, yang ada di setiap lokasi wisata. Tentunya anda tidak perlu membayar lagi.

Selama perjalanan, penumpang bus akan dikawal oleh pemandu tur, yang telah disediakan di masing-masing bus. Setiap melewati lokasi wisata, guide akan memberikan informasi sejarah hingga hal-hal menarik di lokasi tersebut.

Manager Penang Hop On Hop Off, Angelina Chen menyebutkan, bus itu telah beroperasi di Penang sejak Tahun 2014 lalu. Di mana awalnya bus itu sudah ada di Kuala Lumpur, Malaysia. Kini bus tingkat itu sudah berjumlah delapan unit yang beroperasi di Penang.

Selama ini, kata dia, bus itu salah satu moda transportasi alternatif bagi wisatawan yang datang ke Penang. Bus ini mulai beroperasi dari Pukul 09:00 hingga 20:00 waktu setempat.

“Bus ini banyak yang menikmati di kalangan wisatawan mancanegara. Mereka yang tidak punya banyak waktu di Penang, tapi ingin sekali melihat tempat-tempat wisata di sini,” katanya kepada VIVA di Gurney Drive 1, Georgetown, Penang beberapa waktu lalu.

Suasana di atas bus HoHo saat melintas di perkotaan Penang.

Saat VIVA menjajal menaiki bus ini dari Gurney Paragon Mall, penumpang tidak perlu menunggu lama. Hanya berkisar 10 menit menunggu bus Hop On Hop Off untuk tiba di shelter. Di dalam bus, juga terdapat berbagai brosur informasi lokasi wisata, yang bisa memudahkan para penumpang untuk menentukan ke mana lokasi yang dituju.

Seorang wisatawan asal Skotlandia, Lauren Fentona, mengaku memilih Bus Hop On Hop Off untuk bisa mengelilingi kota Penang. Sebab rute yang ingin dia kunjungi dilewati oleh bus ini. Sehingga dia tidak perlu harus ganti transportasi untuk menuju ke lokasi yang dia tuju berikutnya.

“Ini simpel, agar ke tempat wisatanya lebih mudah, dan tidak perlu ganti ganti transportasi,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya