Tips Aman dan Nyaman Solo Traveling ke Selandia Baru

Nadine Chandrawinata di Wellington, Pulau Utara Selandia Baru.
Sumber :
  • Tourism New Zealand (TNZ)

VIVA – Bagi Anda yang dari dulu ingin mencoba solo traveling tapi belum punya keberanian, Selandia Baru ternyata adalah destinasi wisata yang sangat aman dan ramah terhadap solo traveler, lho. Hal itu diungkapkan oleh Nadine Chandrawinata, selaku Tourism Advocate untuk Tourism New Zealand (TNZ) di Indonesia.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

"New Zealand ini landscape-nya bagus, keramahannya juga udah aku rasain, memang orang-orangnya ramah, terus kebersihannya juga. Jadi banyak sekali. Untuk landscape-nya, adventure-nya, semuanya dapat, dan yang paling aku suka keamanannya di sini benar-benar terasa. Kita tinggal pesen mobil caravan, keliling-keliling, roadtrip gitu dapat dan semuanya jelas di sini, arahannya jelas. Jadi solo traveler bisa banget," ujar Nadine saat ditemui VIVA di Auckland, Selandia Baru beberapa waktu lalu.

Nadine Chandrawinata di Mercusuar Cape Reinga, Pulau Utara Selandia Baru.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Ia juga mengatakan bahwa selama ini banyak teman-temannya yang berani melakukan solo traveling ke Negeri Kiwi. Itu pula yang membuat Nadine pun tertarik untuk berulang kali datang ke negara tersebut.

Sebagai informasi, Nadine sendiri sudah tiga kali ke Selandia Baru. Ia juga sudah berkunjung ke Pulau Utara dan Selatan, yang menurutnya punya daya tarik yang jauh berbeda.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

"Landscape-nya berbeda banget. Kalau di daerah selatan itu dia lebih untuk outoor activities-nya tinggi banget, terus untuk family time, karena kan naik kendaraan yang ramai-ramai. Adventure sangat dapet banget. Kalau di sini (Pulau Utara) lebih ke kegiatan-kegiatan yang bisa dikerjakan di dalam kota dan tetap museumnya juga ada," ucapnya.

Nadine Chandrawinata di Northland, Pulau Utara Selandia Baru.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke Selandia Baru, Nadine punya tips-tips berguna nih yang bakalan membantu Anda di sana.

"Yang pasti pertama harus nabung. Kemudian harus punya itinerary, tapi sekarang udah enak karena dari 100% Pure New Zealand sendiri membantu menuliskan beberapa itinerary yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan ya. Jadi itu membantu kita untuk mengetahui akan berapa lama kita di sana, apa saja yang bisa dilakukan, bisa disesuaikan juga dengan musimnya," kata Nadine.

Nadine Chandrawinata di Wellington, Pulau Utara Selandia Baru.

Ia juga mengingatkan bahwa setiap akan berlibur ke suatu tempat baru, Anda harus selalu tahu akan berhadapan dengan apa. Jadi pastikan Anda sudah tahu medan dengan rajin mengecek situs-situs pariwisata resminya, browsing dan membaca blog wisatawan lain. Itu dijamin akan mempermudah segalanya ketika Anda berada di sana.

"Kalau punya teman yang tinggal di sini ya lebih baik tanya. Tanya teman yang udah pernah ke sana, karena memang pengalaman-pengalaman itu yang paling penting sih," ujar Nadine.

Nadine Chandrawinata di Pulau Utara Selandia Baru.

Wanita berusia 33 tahun ini juga kembali menekankan bahwa Selandia Baru adalah destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin belajar menjadi solo traveler. "Kalau di sini paling aman menurut aku. Banyak temen aku yang solo traveler ke sini pilihannya karena memang sangat jelas semuanya. Keamanannya juga diprioritaskan, kenyamanannya diutamakan. Jadi cukup nyaman lah di sini," ucapnya menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya