Intip Cantiknya Ciletuh yang Resmi Jadi Geopark Dunia

Salah satu air terjun di Geopark Ciletuh
Sumber :
  • geoparkciletuh.org

VIVA – Setelah Gunung Rinjani, kini Geopark Ciletuh, Pelabuhanratu bersama dengan 12 geopark dari 11 negara resmi mendapatkan predikat sebagai Unesco Global Geopark (UGG). Pengesahan disampaikan dalam sidang Executive Board Unesco ke-204, Komisi Programme and External Relations, Kamis lalu di Paris, Prancis.

Serunya Syuting Film Satu Untuk Selamanya di Geopark Sukabumi

"13 usulan tersebut diterima tanpa perdebatan. Artinya, semua negara menyetujui kawasan Ciletuh, Palabuhanratu, sebagai UGG," ujar General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Dana Budiman, seperti yang dikutip VIVA dari siaran pers yang diterima, Selasa 17 April 2018.

Dinobatkannya Ciletuh sebagai UGG pun tidak lain karena potensinya yang besar. 

Begini Kerennya 4 Geopark Indonesia yang Diakui UNESCO

“Potensinya juga sangat besar. Keindahan alamnya lengkap. Ada lanskap, gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut. Karena itu harus cepat dikembangkan, agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakatnya,” ujar Dana.

Narsis di Geopark Ciletuh, Sukabumi.

Ada Jalur Baru yang Lebih Pendek Menuju Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh juga dikelilingi hamparan alluvial dengan batuan unik dan pemandangan yang indah. Selain itu, ada juga punya pantai yang keren.

Menariknya, Geopark Ciletuh juga punya ombak yang disukai para peselancar dunia. Seperti Pantai Cimaja. Pantai itu sering terpilih sebagai lokasi lomba selancar berskala internasional.

Banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk menjadikan Ciletuh sebagai kawasan terpadu. Misalnya seperti pemberdayaan masyarakat lokal, pengembangan desa binaan, pengembangan geowisata, pengembangan homestay, dan sebagainya.

Geopark Taman Bumi Ciletuh, Sukabumi

Tak hanya dapat mempelajari adat dan budayanya saja, di Geopark Ciletuh wisatawan juga bisa menikmati beragam obyek wisata cantik. Mulai dari keindahan air terjun Awang, Taman Purba, bukit Panenjioan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di kawasan seluas 126.100 hektare tersebut, terdapat banyak destinasi wisata kelas dunia. Luas Geopark meliputi delapan Kecamatan mulai dari Cisolok (Pantai Cimaja) sampai dengan Ujunggenteng (Ciemas). 

Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan pemerintah dan masyarakat setempat untuk menjadikan Geopark Ciletuh semakin baik, serta dikenal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya