5 Rute Jalur Kereta Api Paling Indah di Dunia

Kereta api Qinghai–Tibet
Sumber :
  • www.tibetdiscoverytour.com

VIVA – Banyak para traveler mungkin memilih menggunakan pesawat daripada kereta api bila bepergian ke luar kota atau ke luar negeri. Selain nyaman, waktu tempuh pesawat lebih cepat dibanding dengan kereta. 

5 Stasiun Kereta Paling Romantis dan Instagramable di Indonesia

Namun, ketika bepergian dengan pesawat, sepanjang perjalanan Anda hanya akan melihat awan putih dan langit biru. Anda tidak akan bisa melihat indahnya pemandangan pedesaan dan perkotaan seperti ketika bepergian menggunakan kereta. 

Sejumlah destinasi wisata di dunia bahkan lebih indah dinikmati ketika melakukan perjalanan menggunakan kereta. Berikut ini beberapa pemandangan paling indah dan menakjubkan dari jendela kereta, seperti dilansir The Guardian

Rekomendasi Destinasi Wisata Seru Berdasarkan Zodiak

1. Perjalanan kereta dari London ke Fort William 

Traveling by Train, Ada Band Terkenal Ngamen Live di Kereta

Pelayanan perjalanan kereta malam Caledonian Sleeper bernama Deerstalker ini merupakan salah satu perjalanan kereta terbaik di Inggris. Kereta ini akan membawa penumpang melalui lanskap dataran tinggi, danau Loch Treig dan Lock Lomond, melintasi jembatan Glenfinnan, yang menjadi latar film Harry Potter. Jarak perjalanan dari ibu kota Inggris, London, ke Fort William sekitar 675 kilometer dengan durasi perjalanan selama 13 jam.

2. Rute Addis Ababa menuju Djibouti, Afrika Timur 

Ethiopia

Bila Anda ingin merasakan petualangan sejati maka perlu mencoba naik kereta dari ibu kota Etiopia, Addis Abba, menuju Djibouti. Rute kereta, yang dibuka awal tahun ini, sepanjang 727 kilometer dengan waktu tempuh 13 jam. Kereta akan membawa Anda melihat lembah, menyeberangi lembah sungai Awash setinggi 60 meter jembatan sepanjang 155 meter, dan berhenti di kota penuh warna Dire Dawa sebelum akhirnya sampai di Kota Djibouti. 

3. Rute Lima menuju Huancayo, Peru

Banyak wisatawan memilih melakukan perjalanan menggunakan kereta wisata dari Cusco ke Machu Picchu. Perjalanan sepanjang 331 kilometer ini selama 12 jam ini akan memberikan perjalanan yang menyenangkan. Jalur kereta api tertinggi kedua di dunia ini melintasi pegunungan Andes sehingga memberikan pemandangan dataran tinggi yang indah. 

4. Rute Mettupalayam ke Udagamandalam, India 

Jalur kereta pegunungan Nilgiri ke bukit Udagamandalam adalah satu-satunya jalur kereta pegunungan di India yang termasuk dalam daftar warisan dunia Unesco. Menggunakan jalur kereta ini Anda akan melewati 250 jembatan dan 16 terowongan dengan total jarak tempuh 46 kilometer selama lima jam. 

5. Rute Xining ke Lhasa, China

Jalur kereta dari Qinghai-Tibet ini merupakan tertinggi di dunia, dengan ketinggian 5.231 meter, yang akan membuat Anda deg-degan sepanjang perjalanan  di Tanggula Pass. Anda akan melewati kota-kota besar China seperti Beijing, Shanghai, hingga ke Tibet, yang memiliki pemandangan alam menakjubkan.  
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya