10 Top Destinasi Wisata Ini Disiapkan untuk Pemudik

Destinasi instagenic wisata Posong dengan panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Mudik jelang Hari Raya Idul Fitri menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Tradisi mudik Lebaran pun mempunyai peran penting dalam menggerakkan wisatawan nusantara (wisnus) yang mengalami penurunan hingga 50 persen selama Ramadan.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

"Ramadan menjadi low season untuk wisnus, pergerakan wisnus mencapai 20 juta, selama Ramadan turun menjadi 10 juta. Selama mudik Lebaran tahun ini diperkirakan ada 20 juta wisnus," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat ditemui VIVA baru-baru ini di Jakarta.

Dia pun menyebut, untuk tahun ini diperkirakan ada puluhan juta wisatawan selama periode Ramadan hingga Lebaran.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

"Total Lebaran dan Ramadan naik menjadi 30 juta. Sebanyak 20 juta itu pulang sendiri ke kampung," jelas dia.

Pada momen mudik Lebaran tersebut, pihaknya pun telah menyiapkan program pesona Lebaran. Program tersebut nantinya akan memudahkan para pemudik yang nantinya bukan hanya bersilaturahmi bersama sanak saudara di kampung halaman, tetapi juga melakukan perjalanan wisata. Mengingat tahun ini libur Lebaran yang jatuh bersamaan dengan libur sekolah.

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

Program tersebut akan memberikan informasi seputar top 10 destinasi, top 10 kuliner, dan top 10 event terutama di daerah tujuan mudik, yakni di Pulau Jawa.

"Mudik ini rutin, tanpa disuruh, 20 juta balik kampung. Ada yang dibutuhkan saat mudik Lebaran, bukan hanya silahturahmi, tetapi juga berwisata di kampung halaman. Destinasi utama di daerah tujuan mudik ada 10 top di Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur agar wisatawan tahu mau ke mana," kata dia.

Misalnya saja untuk di Lamongan, Jawa Timur, beberapa destinasi yang bisa dikunjungi salah satunya adalah Pantai Kutang. Nama kutang ini berasal dari kisah, banyak ditemukannya kutang (pakaian dalam) yang berserakan di sana.

Pantai yang terkenal karena keindahannya di ujung Dusun Kenthong ini pun memiliki predikat pantai perawan, sehingga membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Atau Anda yang mudik ke Serang bisa mencoba mengunjungi Benteng Speelwijk yang terletak di Kampung Pamarican, Kecamatan Kasemen, Serang. Benteng yang dibangun dari campuran batu pasir dan kapur ini kini menyisakan puing bangunan megah abad ke-17.

Jika Anda mudik ke Salatiga, Jawa Tengah Anda bisa mencoba Agrowisata Salib Putih yang merupakan salah satu dari top 10 destinasi yang disiapkan untuk pemudik.

Terletak di Jalan Hasanudin KM 4, tempat ini menawarkan paket wisata yang menarik karena menyuguhkan ecopark hotel yang dilengkapi dengan fasilitas taman bermain, kolam renang, perkebunan dan juga outbound. Tempat ini juga dilengkapi dengan area camping.

Beberapa destinasi, kuliner hingga event menarik selama Lebaran juga telah disiapkan dan bisa dilihat di situs resmi Kementerian Pariwisata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya