Tips Wisata Belanja di Thailand Supaya Kamu Enggak Kecewa

Kawasan Pratunam, Bangkok, Thailand
Sumber :
  • Instagram.com/mambosteviephotography

VIVA – Tak hanya dikenal dengan wisata budaya dan kuliner, Thailand juga dikenal sebagai surganya belanja. Segala macam barang bisa diperoleh di sini, dari yang unik, kreatif hingga barang langka.

Pemandu Wisata Viral Sebut Nama Asli Kota Ini, Netizen Beri Pujian

Daerah wisata belanja yang terkenal, yakni Pratunam. Di sana terdapat Platinum, salah satu mal fesyen favorit turis Indonesia karena produknya bervariasi. Selain itu, ada toko-toko di seberang Platinum hingga Shibuya 19.

Ada juga wilayah favorit lainnya, Ratchaprasong. Di sini banyak mal kelas atas, seperti Central World yang merupakan kompleks belanja terbesar keenam di dunia yang memiliki Zen dan Isetan Department Store. Jika ingin mencari produk bermerek seperti Christian Louboutin dan Ralph Lauren, silakan ke Central Embassy.

4 Tempat Belanja Murah di Bangkok untuk Bisnis Jastip Biar Makin Cuan!

Wilayah belanja terkenal lainnya adalah Siam-Pathumwan. Di sini terdapat mal yang cukup familiar di telinga turis Indonesia, seperti Siam Paragon, Siam Square. Namun jika kamu sudah berhasrat untuk berbelanja di negeri Gajah Putih, jangan lupakan tips belanja, dikutip dari brosur Tourism Authority of Thailand.

Taksi

5 Negara Paling Murah Dikunjungi, Nomor 5 Jangan Takut Kehabisan Uang!

Jangan percaya pengemudi taksi atau tuktuk atau orang yang tak dikenal di jalanan yang menawarkan harga sangat murah atau mengajak ke toko tertentu. Abaikan saja.

Tawar menawar

Boleh menawar saat berbelanja di pasar, tapi ingat, jangan batalkan pembelian jika penjual sudah menyepakati harga yang ditawar. Sebab membatalkan harga yang sudah disepakati dianggap tidak sopan.

Aplikasi kendaraan

Belanja dengan banyak barang, taksi akan menjadi transportasi yang nyaman. Namun jika sulit menemukan taksi, gunakan aplikasi taksi dari ponsel.

Izin

Nah, ini berlaku jika membeli barang antik atau religi seperti patung Buddha. Tanya pada penjual, apakah aman membawa barang tersebut keluar dari Thailand. Hukum Thailand melarang patung Buddha dan barang antik tertentu keluar dari negaranya.

Barang mewah

Banyak toko barang mewah di Thailand, dan sebaiknya kamu membeli barang-barang tersebut di toko resmi agar tidak kecewa.

Barang grosir

Ada beberapa toko di mal tertentu seperti Platinum yang memberi harga grosir jika membeli dalam jumlah banyak, tanyakan pada penjual tentang hal ini.

Pengembalian pajak

Thailand memberi fasilitas VAT refund (pengembalian/potongan pajak) atas barang mewah yang dibeli di toko dengan logo Vat Refund, dengan syarat barang harus dibawa keluar Thailand dalam waktu 60 hari sejak dibeli. Selain itu, harga barang tidak boleh kurang dari 2.000 Bath Thailand (THB) atau sekitar Rp909 ribu termasuk pajak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya