Intip Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo di Aceh

Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo dan Alas
Sumber :
  • Viva.co.id/Zulfikar Husein kontributor Aceh

VIVA – Provinsi Aceh menggelar festival berskala internasional di empat kabupaten. Event tersebut bertajuk Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) atau Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo dan Alas. Kegiatan digelar di empat kabupaten di Aceh, 14 September-24 November 2018.

Korea Festival 2021 Ajak Indonesia Maju Bersama Hadapi COVID-19

Keempat daerah yang berada di Dataran Tinggi Gayo tersebut adalah Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues, dan Kabupaten Bener Meriah. Kemudian Alas yang merupakan kawasan yang berada di Aceh Tenggara.

“GAMIFest merupakan kegiatan atraksi seni budaya yang berdasarkan potensi spesifikasi yang ada di kawasan Gayo-Alas dengan melibatkan sebanyak-banyaknya komunitas dan warga di kawasan itu,” ujar Popon El Azwani, Direktur Kreatif kegiatan pada VIVA, Senin, 17 September 2018.

Aceh Siapkan 110 Event Wisata di 2020 Demi Gaet 3 Juta Wisatawan

Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo dan Alas

Selain atraksi seni, di acara GAMIFest tersebut juga diadakan berbagai kegiatan lainnya. Antara lain pacuan kuda, camping 100 tenda, wisata arung jeram, kopi dan kuliner festival. Kemudian juga ada lomba perahu tradisional, pawai budaya, foto kontes dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

‘Aceh Halal Tourism’, Branding Baru Pariwisata Aceh

“Juga ada aceh trail adventure, aceh bike cross country, ada juga ekspedisi Burni Telong yang merupakan gunung api di sini, festival gunung leuser Agara, dan yang juga enggak kalah keren yaitu festival panen kopi yang nanti diselenggarakan di bulan Oktober,” katanya.

GAMIFest, kata Popon, digelar sebagai pintu masuk dalam usaha pengembangan kawasan Dataran Tinggi Gayo-Alas. Selain mengenalkan seni budaya dan keindahan alamnya, kegiatan tersebut juga diharapkan menambah kunjungan wisatawan. Kemudian menjadi pemicu pembangunan di kawasan dataran tinggi tersebut.

Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo dan Alas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya