Sedekah Bumi, Ritual di Sumur Gondang Depok yang Tak Pernah Kering

Menguak Jejak Prabu Siliwangi Lewat Ritual Sedekah Bumi di Depok
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Sebagai salah satu kota di selatan Jakarta yang juga berbatasan dengan Bogor, Depok memiliki sejumlah situs budaya yang kaya akan nilai sejarah. Salah satunya yang cukup tersohor adalah keberadaan Sumur Gondang, di kawasan Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Tapos.

8 Artis Jalani Ritual Adat Khas Bali, No 1 Dikira Pindah Agama

Warga setempat percaya, sumur itu adalah salah satu situs peninggalan Kerajaan Padjadjaran.

Sebagai bentuk penghormatan atas warisan leluhur, di tempat ini sering kali dilakukan ritual, yang salah satunya adalah Sedekah Bumi. Ritual ini diadakan pada hari tertentu. Layaknya prosesi adat, ritual pun dipimpin oleh sejumlah tokoh masyarakat setempat lengkap dengan sajian khas masakan dan budaya perpaduan Betawi-Sunda.

ATC di Sirkuit Mandalika Ditunda, Panitia Diminta Gelar Ritual Adat!

Berdasarkan pantauan VIVA, Sumur Gondang ini layaknya sebuah kolam besar dengan ukuran lebar sekitar 10 meter dan dikelilingi sejumlah pohon besar yang cukup rindang. Untuk mengambil air di sana tidaklah sulit, karena terdapat tumpukan anak tangga dan tempatnya pun cukup terawat.

Air yang ada di sumur ini pun cukup jernih, maka tak heran jika warga sering kali mengambilnya untuk keperluan tertentu. Di atas permukaan air, terlihat taburan bunga yang sengaja ditabur oleh beberapa warga. Entah apa tujuannya, namun yang jelas ritual seperti ini ternyata telah berlangsung secara turun-temurun.   

Waspada, Begini Cara Penculik Bawa 8 Bocah di Depok

Abah Yusuf, salah satu sesepuh di kampung tersebut mengatakan, Sumur Gondang telah ada sejak zaman dahulu. Ia dan warga sekitar percaya, jika sumur tersebut adalah salah satu peninggalan Raja Siliwangi, sang penguasa Padjadjaran pada masa lampau.   

“Ini peninggalan zaman kerajaan Padjadjaran, dulu ini kan kita menginduknya ke Bogor, jadi silsilahnya dari Bogor salah satunya peninggalan Prabu Siliwangi,” katanya pada wartawan,Sabtu, 6 Oktober 2018.

Yusuf mengaku kurang paham seperti apa kisahnya, namun ia dan warga setempat merasa wajib untuk melestarikan situs bersejarah ini. “Sumur ini enggak pernah kering, ya warga dulunya manfaatin air dari sini. Ya kita kudu lestarikan, ini kan cerita turun-temurun dari nenek moyang kita,” katanya

Janji Pemkot Depok

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Depok pun berencana akan melakukan revitalisasi terhadap bangunan yang ada di sekitar Sumur Gondang atau yang biasa disebut warga sekitar, Sumur Bandung.

“Ya ini adalah salah satu kekayaan cagar budaya di Kota Depok, Alhamdulillah ada bantuan perbaikan, bangunan sebesar Rp50 juta. Insya Allah ini cukup untuk merehab bangunan yang ada di sini,” kata Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna yang turut hadir dalam prosesi Sedekah Bumi di Sumur Gondang beberapa waktu lalu.

Pradi menegaskan, anggaran untuk revitalisasi tersebut telah disiapkan dan pengerjaan renovasinya dijadwalkan bakal dilakukan tahun ini. “Waktunya nanti, Disporaparsenbud tapi dipastikan tahun ini ya,” ujarnya.

Dia juga berharap, keberadaan Sumur Gondang ke depannya bisa semakin dimaksimalkan karena memiliki potensi besar sebagai pendongkrak ekonomi warga sekitar. “Ini kalau dipelihara dengan baik akan jadi destinasi wisata yang bagus dan Insya Allah ekonomi warga pun akan sangat terbantu karena kehadiran wisatawan,” tuturnya  

Ketika disinggung soal makna dari ritual Sedekah Bumi, Pradi mengatakan, hal itu adalah simbol dari sebuah silaturahmi. “Jadi jangan anggap yang lain, ini kan tujuannya buat silaturahmi. Bisa dilihat ya, semua kumpul dan ini merupakan sebuah cerminan kondisi yang rukun di Kota Depok,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya