Pengalaman Terbang dengan Pesawat Lion Air Boeing 737 Max 8

Maskapai Lion Air yang jatuh Oktober 2018 menggunakan pesawat Boeing 737 Max 8.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pesawat milik Lion Air tipe Boeing 737 Max 8 JT-610 yang membawa 189 penumpang berangkat dari Jakarta ke Pangkal Pinang pukul 06.20 mengalami kecelakaan pada Senin 29 Oktober 2018.

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Boeing 737 Max 8 merupakan armada baru Lion Air yang beroperasi sejak 15 Agustus 2018. Dalam rangka pengenalan pesawat pabrikan Amerika Serikat tersebut, VIVA mendapat kesempatan menikmati penerbangan rute Palangkaraya ke Jakarta pada 14 September 2018 lalu.

Kapten Bambang Gunawan selaku Deputy Director of Lion Air yang membawa penerbangan tersebut menjelaskan kelebihan Boeng 737 Max 8 salah satunya irit bahan bakar 20 persen. Selain ruang kaki yang lebih luas, toilet juga lebih canggih dengan teknologi autodrain. 

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

“Regenerasi navigasi pesawat kita juga lebih canggih dan update. Lalu dari sisi cost baik maintanance maupun biaya penumpang jadi lebih kecil karena jarak tempuh yang lebih panjang fuel 20 persen lebih irit,” tuturnya di Bandara Tjilik Riwut, Kalimantan Tengah belum lama ini.

Namun yang paling terasa adalah suara mesin yang begitu senyap hingga reporter VIVA tidak sadar bila pesawat sudah berada di daya jelajah clear sekitar 6.000-an kaki. Berbeda dengan dorongan jet pesawat lain yang kencang dan bising, suara mesin Boeing 737 Max 8 begitu halus dari sebelum take off.

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Kelebihan ini terbukti karena berdasarkan penjelasan salah satu pramugari bernama Puryanti. “Iya biasanya penumpang minta penutup telinga untuk bayi tapi ini enggak bising lagi,” kata dia. 

Hobi Traveling? Kalau mau cari destinasi liburan yang seru tapi juga baru. Boleh nih jajal perjalanan menemui orang utan penguasa hutan Kalimantan! Enggak percaya? Cek dalam video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya