8 Februari Bagasi Citilink Berbayar, Mau Gratis? Ini Syaratnya

Ilustrasi Pesawat Citilink.
Sumber :
  • Dok. Citilink

VIVA – Perlahan namun pasti, satu per satu maskapai penerbangan berbiaya hemat (LCC) tidak lagi menggratiskan biaya bagasi mereka. Hal ini dipengaruhi beberapa hal, salah satunya sebagai jalan agar tetap bisa survive.

Heboh AC Pesawat Panas, Otoritas Bandara Gelar Ramp Check di Kualanamu

Setelah maskapai berlogo singa merah, kini giliran anak perusahaan PT.Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Citilink dipastikan akan segera memberlakukan bagasi tercatat berbayar.

"Industri maskapai selain complicated juga sangat berat, komponen biaya yang dikaitkan dengan safety tidak bisa ada kata berhemat. Kita tidak ingin Citilink Indonesia ini stop operation selamanya, sehingga memberlakukan bagasi tercatat dengan biaya," ujar Direktur Niaga Citilink Indonesia Benny Rustanto dalam jumpa pers di Gedung Garuda Indonesia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 28 Januari 2019.  

Garuda Indonesia Group Terbangkan 82 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Mudik 2024

Pemberlakuan bagasi berbayar mulai diberlakukan pada tanggal 8 Februari 2019 nanti, penumpang Citilink Indonesia yang membeli tiket pada tanggal tersebut dan seterusnya bisa membeli paket bagasi sebelum keberangkatan untuk mendapat harga lebih terjangkau dengan potongan hingga 40 persen. Pembelian paket bagasi dapat dilakukan di website resmi Citilink paling lambat empat jam sebelum keberangkatan.

"Kita ada beberapa paket, dari 5 kg (kilogram), 10 kg, 15 kg, 20 kg. Mulai dari Rp9.000 per kg sampai tergantung jaraknya. Tapi lebih murah kalau membeli paket yang telah disediakan," katanya.

Bos Garuda Indonesia Janjikan Diskon Harga Tiket hingga 75 Persen Periode Mudik Lebaran

Mulai 8 Februari  2019 bagasi Citilink berbayar

Namun bagi penumpang yang sudah terlanjur berada di bandara, bagasi tercatat bisa dibeli langsung di counter check in atau customer service Citilink Indonesia.

Namun ada kabar baik, bagasi tercatat ini tidak berlaku bagi mereka yang membeli tiket pesawat sebelum tanggal 8 Februari 2019. Fasilitas bagasi 20 kg masih akan tetap diberikan meskipun jadwal penerbangannya melewati tanggal yang telah ditetapkan.

Alternatif lain yang diberikan adalah dengan menjadi member Supergreen atau Garudamiles atau penumpang yang membeli Green Seat, akan tetap bisa mendapat bagasi gratis 10 kg, termasuk tentunya satu barang bawaan ke dalam kabin dengan berat maksimal 8 kg dimensi maksimal 58 cm x 46 cm x 23 cm.

"Bagi penumpang yang sudah memilih tempat duduk (green seat), diberikan benefit bagasi," ujar Benny.

Untuk menjadi member Supergreen juga cukup mudah. Hanya perlu mendaftarkan diri melalui website resmi Citilink Indonesia, dan tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis. Sementara untuk yang gemar olahraga, bisa mendaftar sebagai member Citilink Citisport, di mana akan diberikan bagasi cuma-cuma 20 kg untuk perlengkapan olahraga, seperti sepeda, papan selancar, golf. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya