Bagasi Berbayar, Citilink Ingin Penumpang Jadi Smart Traveler

Maskapai penerbangan Citilink.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Maskapai Berbiaya Hemat (LCC) Citilink Indonesia mengumumkan akan segera memberlakukan kebijakan baru terkait dengan penambahan biaya bagasi pada setiap penerbangan domestik mulai Jumat, 8 Februari 2019. Dalam penerapannya, ada beberapa catatan di mana salah satunya adalah bagasi gratis 10 kilogram pada member Super Green atau Garudamiles serta head cabin bagasi tujuh kilogram.

Heboh AC Pesawat Panas, Otoritas Bandara Gelar Ramp Check di Kualanamu

Diberikannya bagasi gratis 10 kilogram tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan, seperti dijelaskan Direktur Niaga Citilink anak perusahaan PT. Garuda Indonesia (Persero) tbk, Citilink Indonesia, Benny Rustanto di Gedung Garuda Indonesia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

"10 kilogram adalah rata-rata barang yang dibawa penumpang. Kita juga melihat penumpang tidak lebih tidak kurang kisaran 10 sampai 12 kilogram," ujarnya Senin, 28 Januari 2019.

Garuda Indonesia Group Terbangkan 82 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Mudik 2024

Selain itu, pertimbangan bagasi 10 kilogram ini tak lain juga untuk mengajak penumpang agar menjadi smart traveler yang membawa barang-barang secukupnya saja ketika bepergian.

"Mencoba mengubah satu budaya, di mana, kita sebenarnya bisa bawa atau masukkan bagasi dan mana yang tidak. Inilah kenapa kita memberi (bagasi) 10 kilogram. (Mengajarkan) kebudayaan (pada) penumpang kita, kalau enggak perlu, enggak usah dibawa," ucapnya.

Bos Garuda Indonesia Janjikan Diskon Harga Tiket hingga 75 Persen Periode Mudik Lebaran

Anak perusahaan PT. Garuda Indonesia (Persero) tbk ini memberikan bagasi gratis hingga 10 kilogram, di mana pembelian bagasi ini bisa dilakukan baik secara online ataupun di counter check in, yang bahkan jika dilakukan maksimal empat jam sebelum keberangkatan akan diberikan diskon sebesar 40 persen dari tarif normal. Hal ini juga dilakukan agar penumpang lagi-lagi bisa memperkirakan jumlah barang yang dibawa agar tidak berlebihan.

"Jadi sebelumnya kita meng-encourage penumpang (untuk) mengetahui apa yang akan mereka bawa,” kata Benny.

Sebagai informasi, ketentuan bagasi tercatat ini hanya akan diberlakukan untuk penerbangan domestik saja. Khusus penumpang Citilink Indonesia rute internasional serta penumpang yang telah menjadi member Supergreen dan Garudamiles atau penumpang yang membeli Green Seat akan tetap mendapatkan gratis bagasi 10 kilogram. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya