Serunya Mudik Eksklusif Naik Kereta Wisata

Kereta Wisata
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Mudik menjadi sebuah tradisi yang biasa dilakukan hampir setiap umat Muslim di Indonesia. Ini dilakukan, agar bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga besar di kampung halaman.

Mudik di Desa Penari

Salah satu moda moda transportasi yang menjadi andalan masyarakat, terutama di Pulau Jawa adalah kereta api. Ini mengingat biayanya yang cukup terjangkau, dibandingkan dengan moda transportasi udara yang saat ini mengalami kenaikan pesat.

Bukan hanya itu saja, keunggulan lainnya yang juga membuat masyarakat memilih kereta api lantaran dapat menikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan. Jika berbicara mengenai mudik dengan kereta api, pikiran kita akan tertuju pada kereta api kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif.

Perbaikan Tol Trans Sumatera Rampung, KSP: Mudik Lebaran jadi Nyaman

Tetapi, pada musim mudik Lebaran, ternyata mudik menggunakan kereta api wisata juga bisa menjadi pilihan. Kereta api jenis ini, tentu berbeda dengan kereta api lainnya. Kereta ini memiliki fasilitas yang terbilang lengkap dan mewah.

Pelaksana Operasi Kereta Wisata, Akbar Wahyudono menjelaskan, fasilitas yang ada di dalam kereta wisata, antara lain free wifi, video on demand di sandaran belakang yang dilengkapi dengan koleksi film seperti pesawat terbang hingga layanan khusus pramugari untuk melayani kelas VIP/VVIP.

Catat, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Api Periode Idul Fitri 2022

"Ada juga layanan fasilitas karaoke dan bisa digunakan untuk meeting," kata dia dalam jumpa pers Mudik Gratis Warna Wangi ala Daia di Stasiun Gambir Jakarta Pusat, Rabu 29 Mei 2019.

Kereta Wisata

Fasilitas lainnya yang juga menjadi unggulan dari kereta wisata adalah layanan makanan yang terbagi menjadi makanan pembuka, penutup, dan buah-buahan yang disajikan secara prasmanan. Yang tidak kalah seru, pemandang cantik yang bisa dinikmati oleh penumpang selama melakukan perjalanan.

“Kalau pemandangan bisa melihat barisan bukit dan persawahan. Yang spesial, kalau di lintas utara bisa menikmati laut Jawa langsung. Ini posisinya, setelah lepas Pekalongan sampai dengan Semarang, nanti ada stasiun pelabuhan tapi tidak berhenti, nanti di situ masyarakat bisa menikmati sunset cantik sekali,” kata Akbar, saat berbincang dengan VIVA.

Melihat minat masyarakat yang cukup tinggi untuk mudik menggunakan kereta api, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang deterjen bubuk, Daia menggelar mudik gratis dengan menggunakan kereta wisata. Mudik ini digelar pihak perusahaan untuk membantu para pemudik yang kesulitan mencari tiket kereta.

Product Manager Daia Detergent Handy Santoso berharap, kegiatan ini mampu memberikan sensasi mudik yang berbeda, karena mampu menghadirkan kenyamanan perjalanan yang berkelas bagi seluruh pesertanya. "Bisa memberikan sensasi mudik berbeda dan berkesan dengan adanya fasilitas mewah di dalam kereta api," kata dia.

Peserta mudik ini akan diberangkatkan sejak hari ini, Rabu, 29 hingga 30 Mei 2019, dalam delapan gerbong Kereta Api Pariwisata Sembrani & Bangunkarta dari Jakarta dan Surabaya ke-15 kota di Pulau Jawa. Kereta akan berhenti di 17 kota, yaitu Jakarta, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Solo Jebres, Paron, Cepu, Bojonegoro, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Lamongan, Mojokerto, dan Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya