Serunya Melihat Harimau Benggala Makan di KBS

Harimau Benggala Putih
Sumber :

VIVA – Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur, mulai dipadati pengunjung di hari ketiga Lebaran, Jumat, 7 Juni 2019. Di kebun binatang terbesar se Asia Tenggara itu, pengunjung bisa melihat aneka satwa dari beragam jenis. Jika momennya tepat, pengunjung juga bisa menonton tingkah gajah saat mandi atau ketika pawang memberi makan kucing besar alias harimau.

Dugaan Penyebab Kematian Gajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya

Saat berkunjung ke KBS pada Jumat siang, cuaca di Kota Surabaya sedang cerah. Sinar matahari menembus sela-sela dedaunan, membuat suasana agak panas dan gerah. Sementara di penangkaran, dua ekor gajah asyik bermain. Keduanya masuk ke kolam besar di pinggir tanah lapang.

Pawang gajah mengarahkan selang air ke tubuh binatang jumbo berbelalai itu, membuat sepasang gajah itu makin agresif bermain air. Di pinggir, bocah-bocah tertawa girang melihat tingkah lucu dua gajah berusia 30 tahunan tersebut. “Tadi lihat sirkus beruang dan gajah mandi,” kata Muhammad Reza, remaja asal Surabaya di KBS.

Kematian Gajah Dumbo Masih Misterius, Organ Dibawa ke Laboratorium

Di penangkaran yang lain, VIVA berkesempatan melihat momen pawang Harimau Benggala Putih memberi makan. Untuk diketahui, habitat harimau bernama Latin Panthera Tigris-tigris itu ialah di Bangladesh, Bhutan, Republik Rakyat China, India, dan Nepal. Benggala putih merupakan hasil perkawinan dua jenis Benggala Bergen resesif. Dalam 2-3 hari, harimau jenis ini membutuhkan asupan sekira 18 kilogram daging.

Nah, saat berkunjung, pawang tengah memberi makan si hewan buas itu. Ada dua pawang pria bertugas memberi daging. Satu bertugas mengaitkan kepalan daging di kail yang ada di pinggir pagar pembatas, satu pawang lainnya mengarahkan si harimau agar menyantap daging yang dihantarkan melalui tali pengerek.

Artis Amerika Cher Kritik Kebun Binatang Surabaya: Surabaya Death Zoo

Tingkah Benggala jadi hiburan tersendiri bagi pengunjung kala ia menangkap daging yang dihantarkan pawang. Apalagi, si pawang terkadang mengajak bermain-main dengan cara menarik-ulur daging yang disodorkannya. “Hap, hap, hap, ayo Sena, lompat,” teriak si pawang kepada harimau bernama Sena itu.

Juru bicara KBS, Winny Hustiani, mengatakan, selain momen gajah mandi dan harimau makan, KBS juga menyediakan momen lain yang bisa menghibur pengunjung. Seperti feeding time atau memberi makan buaya, dan lainnya. Di arena bermain menunggangi gajah, pihak KBS juga memberikan suasana dengan jogging track baru. “Jogging track gajahnya itu baru,” katanya.

Pada hari Lebaran hari kedua dan ketiga, pengunjung KBS mulai ramai namun masih terlihat normal. Tidak ada antrean panjang di loket pembelian tiket maupun pintu masuk. Winny memperkirakan, puncak keramaian pengunjung akan terjadi pada Sabtu-Minggu besok, 8-9 Juni 2019. "Kalau pada puncak libur Lebaran pengunjung bisa sampai 15 ribu-18 ribu orang,” tuturnya,

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya