Dekorasi Bunga Plastik di Kebun Binatang Surabaya Dikritik Netizen

Unggahan bunga plastik KBS di akun Twitter resmi Kebun Binatang Surabaya.
Sumber :
  • Twitter Surabaya Zoo

VIVA – Kritik menyasar Kebun Binatang Surabaya atau KBS, Jawa Timur. Gara-garanya ialah pemasangan dekorasi bunga terbuat dari plastik di kebun binatang yang disebut-sebut terbesar se-Asia Tenggara itu. Padahal, kebun binatang merupakan tempat konservasi pelestarian lingkungan.

BCA Jor-joran Kasih Bunga KPR dan KKB hingga 2,65 Persen

Kritik berembus, setelah akun resmi Perusahaan Daerah Taman Satwa KBS mengunggah kumpulan gambar tempat-tempat menarik berlatar aneka bunga di akun twitter resminya, @pdtskbs (Surabaya Zoo), Minggu sore, 15 September 2019.

Empat bingkai foto yang diunggah, memperlihatkan seorang wanita berselfie dengan latar belakang pohon dan dekorasi bunga.

Expoversary Online 2022, BCA Tawarkan Bunga KPR 2,65 persen

Foto diunggah dengan dilengkapi keterangan: “Pergi berwisata bersama keluarga, maupun teman, rasanya belum lengkap kalau tidak mengabadikan moment lewat video maupun foto. Nih..beberapa titik spot foto yang wajib kamu cobain. Kalau sudah foto di situ, kamu bisa tag ke FB,  Instagram, atau Twitter KBS biar makin famous”.

Unggahan itu mengundang komentar netizen. Ada yang mengunggah foto di titik lain di area KBS dengan latar pemandangan yang juga sedap dipandang. "Di atas menara juga bagus pemandangannya," tulis akun @AnggaErwi.

Reza Rahadian Beri Bunga ke Prilly Latuconsina di Hari Valentine

Tapi tak sedikit yang melempar kritik dengan nada kritis. @dik_andreas menulis, "Lha iya kenapa juga pakai tanaman plastik? KBS kan lembaga konservasi, apa sih alasannya pakai tanaman plastik?" Akun @tulisanfriska malah menyindir, "Besok2 hewannya pake replika juga aja."

Juru bicara KBS, Winny Hustiani membenarkan bahwa pengelola memang mendekorasi beberapa titik area dengan replika bunga berbahan plastik, tepatnya di depan perpustakaan.

"Itu hanya ada di depannya area perpustakaan saja. Hanya satu area saja. Kalau itu sudah ada pada Januari tahun ini," katanya, saat dihubungi VIVAnews, Senin 16 September 2019.

Area yang didekorasi bunga plastik tidak begitu luas, dipasang hanya untuk mempercantik penunjuk arah di perjumpaan cabang jalan kecil. "Istilahnya hanya mempercantik papan arah saja, supaya tidak hanya terlihat pohon saja, jadi kita tambahkan seperti itu (hiasan bunga plastik)," ujar Winny.

Menurutnya, karena areanya hanya satu titik dan tidak luas, dekorasi plastik itu tidak mengganggu kelestarian lingkungan KBS. Apalagi, tanaman-tanaman asli juga dipelihara di semua titik KBS. "Tidak mengganggu, hanya untuk hiasan saja supaya tidak terlalu loss (kosong)," ujar Winny. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya