15 Tempat Wisata di Pontianak yang Memukau, Ada Taman Aloe Vera

Air mancur di Taman Alun-alun Kapuas
Sumber :
  • http://pecidasase.blogspot.com

VIVA – Beberapa tempat wisata di Pontianak menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dan menakjubkan. Mungkin saja hal itu disebabkan oleh garis khatulistiwa yang melintasi kota ini. Bukan hanya dikenal dengan garis khatulistiwa, Kalimantan ini juga terkenal dengan pulau seribu sungai, yang mana di pulau ini ada banyak sekali sungai-sungai besar yang mengalir. Pontianak memang sering dijadikan sebagai salah satu tempat liburan domestik mengingat daya tarik wisata yang dimilikinya.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Lebih hebatnya lagi, hampir semua tempat wisata yang ada di Pontianak mempunyai dimensi budaya yang masih kental dan terjaga dengan baik. Hal ini bisa kita lihat dari arsitektur bangunan atau tradisi masyarakat setempat yang masih sering dilaksanakan. Bahkan, Pontianak juga tengah menjalankan visi menjadi Kota Wisata Sungai. Tentu saja banyak yang berharap bahwa visi tersebut bisa terlaksana dengan baik supaya sektor wisatanya bisa berbicara di kancah internasional. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Pontianak.

Lantas, Apa Saja Tempat Wisata di Pontianak?

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

1. Khatulistiwa Park

Tugu Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat.

Photo :
  • VIVAnews/Ngadri
Momen Haru Siraman dan Pengajian Putri Isnari: Persiapan Menuju Pelaminan

Tempat wisata di Pontianak ini lebih dari sekadar bangunan tinggi sebagai simbol kota. Sebab, monumen ini adalah titik nol dari garis bumi yang memisahkan belahan bumi selatan dan utara. Di sini pengunjung bisa merasakan betapa kuatnya gravitasi bumi dengan meletakkan telur di lantai agar telur bisa berdiri tegak tanpa memegangnya. Tugu Khatulistiwa dibangun pada tahun 1928 oleh Belanda. Wisatawan bisa menemukan monumen ini di Jalan Khatulistiwa Pontianak. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak akan dikenai biaya atau gratis.

2. Pantai Kijing

Pantai Kijing

Photo :
  • http://pecidasase.blogspot.com

Ada juga pantai di Pontianak tempat kamu bisa menghabiskan akhir pekan. Letaknya yang terpencil di Kecamatan Sungai Kunyi, membuat pantai ini tidak terlalu ramai. Pemandangan khas pantai berupa pasir putih dan ombak yang menggulung membuat suasana menjadi tidak terlalu ramai dan membuat pantai ini sangat tenang. Dengan begitu sangat cocok untuk refreshing akhir pekan. Jangan lewatkan juga pemandangan yang begitu romantis saat matahari terbenam di pesisir pantai ini.

3. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Aloe Vera Center merupakan pusat budidaya tanaman lidah buaya dan biasanya menjadi objek wisata di Pontianak. Selain melihat kebun lidah buaya yang luas, kamu juga bisa melihat proses pengolahan lidah buaya menjadi berbagai produk, seperti dodol, permen, dan beberapa kosmetik. Bila datang ke sini untuk berkunjung, jangan lupa untuk membawa berbagai produk olahan lidah buaya sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

4. Taman Alun-Alun Kapuas

Air mancur di Taman Alun-alun Kapuas

Photo :
  • http://pecidasase.blogspot.com

Sungai Kapuas memang menjadi salah satu simbol kebanggaan Pontianak. Oleh karena itu, berlibur di Pontianak tidak lengkap tanpa menikmati perjalanan ke Sungai Kapuas. Destinasi wisata Taman Alun-alun Kapuas ini bisa menjadi destinasi dimana kamu bisa menikmati pemandangan Sungai. Selain itu, kamu juga bisaberaktivitas bersama keluarga saat berkunjung ke Pontianak.

5. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap

Photo :
  • U-Report

Kalimantan Barat juga terkenal dengan wisata air terjunnya. Jika kamu mengunjungi perbatasan antara Kabupaten Sambas dan Sarawak, maka akan menemukan banyak air terjun yang masih terjaga secara alami, salah satu yang sangat populer adalah air terjun Riam Merasap yang mana ini adalah hulu dari Sungai Sajingan. Air terjun ini didukung dengan lingkungan sekitar yang masih alamai, sehingga panorama alam di kawasan tersebut akan menenangkan pikiran dan memanjakan mata.

6. Kampung Beting

Kampung Beting

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kampung Beting merupakan tempat wisata di Kota Pontianak dan wajib menjadi salah satu tujuan ketika akan berlibur ke ibu kota Kalbar. Desa wisata yang berada di tepi Sungai Kapuas ini menjadi tempat berdirinya Istana Kesultanan Pontianak dan Masjid Jami sebelumnya. Kamu juga bisa mengunjungi Jembatan Geretak terpanjang di dunia yang menghubungkan setiap rumah terapung di sungai.

7. Istana Kadriah

Kesultanan Kadriah.

Photo :
  • kesultanankadriah.blogspot.com

Keraton Kadriah merupakan istana Kesultanan Pontianak sebelum abad ke-17. Bangunannya berwarna kuning, khas berkebangsaan Melayu. Kota Pontianak Masih ada beberapa peninggalan kerajaan primitif di keraton, seperti singgasana, kaca pecah seribu, foto keluarga Sultan, dan meriam. kamu bisa mengunjungi wisata pendidikan sejarah ini di Jl. Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Pontianak. Jam bukanya adalah pukul 10.00-17.00 WIB, dan harga tiketnya Rp 5.000 per orang.

8. Rumah Radakng

Rumah Bentang Radakng

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Tempat wisata di Pontianak berikutnya adalah Rumah Radakng yaitu rumah adat Suku Dayak. Ini juga dinamakan sebagai Rumah Panjang atau Longhouse. Lantaran rumah ini mempunyai panjang sekitar 138 meter dengan lebar 5 meter, dan tinggi sekitar 7 meter. Karena itu, tidak bila Rumah Radakng pernah mendapatkan gelar sebagai rumah adat terbesar di Indonesia dari Museum Rekor Indonesia.

9. Arboretum Sylva Untan

Arboretum Sylva Untan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Berikutnya adalah Arboretum Sylva Untan, adalah sebuah ruangan terbuka hijau yang berada di wilayah Universitas Tanjungpura (Untan) dengan luas yang mencapai 3,48 ha. Arboretum ini mirip seperti hutan kota dan menjadi salah satu penghasil oksigen. Arboretum Sylva Untan dihuni oleh puluhan bahkan ribuan tanaman hijau yang sangat menyegarkan dan sejumlah binatang.

10. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang, Singkawang.

Photo :
  • U-Report

Kalimantan, khususnya untuk Kota Pontianak bukan hanya dikenal dengan sungainya saja. Bila kamu menyukai suasana pantai, Pantai Pasir Panjang merupakan salah satu tempat wisata di Pontianak yang tidak boleh dilupakan. Pantai yang berada di wilayah Singkawang ini menyuguhkan berbagai daya tarik tersendiri untuk para pelancong. Layaknya pantai seperti biasa, kamu akan menikmati pasir putih dengan hamparan laut berwarna biru yang sangat indah.

11. Sinka Island Park

Pantai Sinka, Singkawang, Kalimantan Barat

Photo :
  • Antara/ Jessica Wuysang

SInka Island Park merupakan salah satu destinasi wisata terpadu yang mana terdapat sebuah area kolam renang, pantai, sampai kebun binatang. Letak tempat wisata di Pontianak ini berada di wilayah teluk, tepatnya di Teluk Ma’jantuh yang berada di Singkawang. Selain itu, di sini kamu jga akan menikmati keindahan dan keunikan pulau terkecil di dunia hanya dengan menyusuri jembatan.

12. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tempat wisata di Pontianak ini mulanya memiliki status sebagai suaka margasatwa dan mulai tahun 1990 diubah menjadi taman nasional. Ini adalah salah satu kawasan untuk melindungi Orang Utan dan fauna langka, seperti Kijang Mini. Lokasi tempat wisata ini berada di ketinggian yang mencapai 1.116 mdpl. Menariknya, di lokasi ini terdapat aliran sungai untuk pantai selatan, serta 3000 orang utan dan habitat asli untuk bekantan.

13. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan

Photo :
  • VIVA/ Ngadri/ Kalimantan Barat

Bila kamu sudah penat dengan keramaian kota, maka kamu harus mengunjungi tempat wisata di Pontianak ini. Untuk bisa berkunjung ke pulau ini, kamu harus menaiki kapal selama 1 jam. Di pulau ini, kamu akan menikmati hamparan pantai yang dikelilingi dengan hutan tropis. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling untuk melihat kehidupan laut mulai dari terumbu karang sampai anemon.

14. Klenteng Thian Hou Keng

Cagar budaya di Pontianak, Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Photo :
  • Antara/ Jessica Wuysang

Tempat wisata di Pontianak berikutnya adalah Klenteng Thian Hou Keng. Klenteng ini masih aktif dijadikan sebagai salah satu tempat ibadah umat Konghucu dan menjadi salah satu bangunan tertua di Pontianak. Di tempat ini, kamu akan menikmati arsitektur Tionghoa yang sangat kental. Saat berkunjung di waktu yang tepat, bahkan kamu akan melihat sebuah pertunjukan dalam rangka memperingati hari besar keagamaan.

15. Tugu Bambu Runcing

Tugu Bambu Runcing

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tempat wisata di Pontianak yang terakhir dibangun untuk memperingati tokoh pahlawan peristiwa pemberontakan Hindia Belanda. Ada sebelas tokok Sarekat Islam yang meninggal dalam peristiwa Mandor dan pembuangan di Boven Digoel. Oleh sebab itu, dilukiskan terdapat 11 bambu runcing di tugu ini. Tugu tersebut sudah diresmikan sejak tahun 1987 dan direnovasi kembali tahun 2006.

Telingaan Aruu khas Suku Dayak

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Suku Dayak, salah satu suku asli Kalimantan, menyimpan kekayaan budaya yang menarik untuk ditelusuri. Bukan hanya Tak hanya tarian hudoq dan kancet papatai yang terkenal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024