13 Tempat Wisata di Lombok Paling Menawan dan Dicari Wisatawan

Foto udara kawasan wisata pantai Senggigi di Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB
Foto udara kawasan wisata pantai Senggigi di Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Tempat wisata di Lombok menjadi salah satu destinasi yang cukup dicari belakangan ini karena dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Bahkan tempat wisata di Lombok menjadi yang difavoritkan tak hanya oleh wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara. Banyak pula para influencer Tanah Air yang lebih mengenalkan beberapa tempat wisata di Lombok kepada masyarakat lewat sosial medianya. Sehingga semakin banyak orang yang memiliki impian untuk datang ke Lombok. 

Ada beragam pesona wisata Lombok yang disuguhkan yakni mulai dari pantai hingga pegunungan. Maka tak heran jika para wisatawan memasukkan Lombok ke dalam daftar impian mereka untuk dikunjungi dan berwisata di sana. Ada beberapa tempat yang akan direkomendasikan untuk kamu yang ingin pergi dan berwisata ke tempat wisata di Lombok. Berikut ini VIVA kumpulkan 13 tempat wisata di Lombok yang bisa menjadi referensi untuk kamu pilih dalam berlibur yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Gili Trawangan

Gili Trawangan

Photo :
  • http://tempatwisata.web.id

Tak lengkap rasanya jika para wisatawan yang berkunjung ke Lombok tidak menyambangi Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Hal itu karena ketiga pulau tersebut memang menjadi ikonik tempat wisata di Lombok. Air lautnya yang jernih, hamparan pasirnya yang putih dan udaranya yang segar menjadi pesona yang ditawarkan oleh ketiga pulau ini. 

Di Gili Trawangan, biasanya digelar beberapa pesta seperti pertunjukan kembang api untuk menyambut tahun baru. Sementara Gili Meno menawarkan ketenangan karena pulaunya memang yang paling sunyi. Sedangkan Gili Air, memiliki lima titik spesial dari taman air alami di antaranya Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh dan Malang Reef.

Tak perlu khawatir, karena akses untuk menuju ketiga pulau ini masih terbilang mudah. Para wisatawan hanya harus menyeberangi Pelabuhan Bangsal dengan estimasi waktu sekitar 45 menit.

2. Bukit Selong

Bukit Selong

Bukit Selong

Photo :
  • Instagram @ihsyan_maichell

Pemandangan di atas bukit yang letaknya berada di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur ini terlihat sangat indah. Pengunjung akan disuguhkan bukit-bukit yang membentang dan memanjakan mata dengan hamparan sawah yang berwarna-warni dari Bukit Selong atau yang juga disebut Bukit Beleq. 

3. Pantai Tangsi

Pantai Pink

Pantai Pink

Photo :
  • http://traveltripbali.files.wordpress.com/2013/11/pantai-tangsi-and-around-3.jpg

Pantai Tangsi memiliki hamparan pasir yang berwarna merah muda atau pink sehingga disebut juga sebagai Pantai Pink. Pasirnya bisa berwarna pink karena pasir putih dan serpihan hancuran karang yang tercampur dan terkena ombak laut. Dari pusat Kota Mataram lokasi pantai ini nyaris berada di ujung selatan Pulau Lombok dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

4. Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Photo :
  • Courtesy rinjaninationalpark.com

Tempat wisata di Lombok selanjutnya adalah Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sebesar 40.000 hektar. Gunung Rinjani ini merupakan gunung api tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka hiking atau melakukan pendakian. Untuk mencapai gunung yang tingginya mencapai 3.762 mdpl ini terdapat dua jalur pendakian. Ada jalur Senaru di Lombok Utara atau juga jalur Sembalun di Lombok Timur.

Pemandangan gunung memang tidak pernah dipungkiri, panorama yang luar biasa akan ditawarkan oleh gunung ini dan membuat mata kita terpikat. Pengunjung akan melihat lereng hingga Puncak Dewi Anjani sebagai puncak tertinggi dari Gunung Rinjani. Jika Semeru mempunyai Ranu Kumbolo, Rinjani mempunyai Segara Anak. Bahkan jika tak mendaki, terdapat juga pemandian air panas alami yang bisa kamu kunjungi dan letaknya tak jauh dari Segara Anak.

5. Taman Wisata Sesaot

Hutan Wisata Sesaot, Lombok.

Hutan Wisata Sesaot, Lombok.

Photo :
  • U-Report

Taman Wisata Sesaot merupakan tempat wisata di Lombok yang menawarkan kawasan hutan dengan suasana yang asri dan sungai yang jernih. Tempat yang juga disebut dengan wisata aik nyet ini terletak di Sesaot, Narmada, Lombok Barat. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena bisa berpiknik ria di gazebo-gazebo yang sudah disediakan. Pengunjung dapat berfoto di spot yang terdapat luncuran air terjun, batuan besar di atas air terjun, dan musala yang bentuknya mirip seperti klenteng. Pengunjung yang datang ke Taman Wisata Sesaot akan dikenakan biaya tiket masuk Rp5.000 yang sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan. 

6. Pantai Senggigi

pantai senggigi lombok

pantai senggigi lombok

Photo :
  • www.gonla.com

Pantai Senggigi juga menjadi salah satu tempat wisata di Lombok yang paling populer. Dengan warna air laut yang biru dan jernih, Pantai Senggigi ini cocok dijadikan sebagai tempat snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Ombak yang dimiliki pantai ini juga cocok untuk berselancar, khususnya bagi pemula. Pantai yang terletak di Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok ini harga tiket masuknya hanya Rp15.000 per orang.

7. Pantai Tebing 

Pantai Tebing di Lombok.

Pantai Tebing di Lombok.

Photo :
  • http://www.jahetbungas.com

Pantai Tebing memiliki daya tarik utama yakni di sepanjang pinggiran pantai terbentang deretan tebing yang tingginya mencapai 22 meter. Pantai ini letaknya berada di perairan selat Lombok dengan dipenuhi hamparan pasir hitam, tepatnya di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Aktivitas yang dapat pengunjung lakukan di pantai ini antara lain seperti berswafoto, berjemur, berenang hingga berselancar di jernihnya air laut. Untuk pemandangannya tidak perlu diragukan lagi. Biaya yang harus dibayar oleh pengunjung hanya Rp6.000 saja oer orangnya.

8. Rumah Pohon Gangga

Rumah Pohon Gangga

Rumah Pohon Gangga

Photo :
  • Instagram @aliwahyu

Rumah Pohon Gangga memiliki konsep dengan melihat pemandangan dari atas ketinggian. Tempat wisata di Lombok yang satu ini akan memanjakan mata dengan hijaunya pemandangan. Rumah Pohon Gangga terletak di Desa Gangga Mumas, Lombok Utara. Udaranya suga asri karena lokasinya dekat dengan air terjun jadi semakin elok Rumah Pohon Gangga ini.

9. Air Terjun Madu

Air Terjun Madu

Air Terjun Madu

Photo :
  • Instagram @bang.obon

Kamu yang berwisata ke Bukit Selong jangan lupa untuk mampir ke Air Terjun Madu karena lokasinya yang berdekatan. Setelah melihat indahnya pemandangan bukit kamu dapat menyejukkan pikiran di air terjun ini. Lokasi dari air terjun ini juga masih berada di daerah Sembalun, tepatnya di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Memiliki air terjun yang tingginya mencapai 29 meter, Air Terjun Madu ini airnya berwarna hijau kebiruan dan sangat segar airnya. Keindahan air terjun ini bahkan sudah terpancar dari kejauhan sehingga para wisatawan tak bisa menolak untuk mengunjunginya.

10. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja

Photo :
  • Instagram @pesona_lombok_hits

Air Terjun Teja yang cantik ini memiliki ketinggian mencapai 40 meter dengan lebar 10 meter. Lokasi air terjun ini berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Tempat wisata di Lombok satu ini sangat pas untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran dengan suasana yang asri dengan tumbuhan yang hijau dan lebat.

11. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan, Mandalika.

Pantai Tanjung Aan, Mandalika.

Photo :
  • U-Report

Terletak di bagian selatan Lombok Tengah, Pantai Tanjung Aan ini memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Mataram karena waktu yang ditempuh kurang lebih hanya 15 menit. Panorama yang memesona dengan pasir putihnya yang halus dan kebiruan airnya yang jernih ditawarkan oleh Pantai Tanjung Aan ini. Sehingga tak heran jika mata dan pikiranmu akan disegarkan oleh pantai ini.

12. Batu Payung

Batu Payung

Batu Payung

Photo :
  • Instagram @bingkairana

Batu Payung ini terbentuk secara alami dan bentuknya tinggi seperti berdiri. Kesan indah akan tetap melekat batu ini dilihat dari sisi manapun. Biasanya tempat ini dijadikan sebagai spot foto bagi para wisatawan ditambah lagi dengan pemandangan sekitarnya yang memesona. Letak batu ini ada sebelah timur Pantai Tanjung Aan. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk menuju Batu Payung dari Pantai Tanjung Aan dengan biaya sewa sekitar Rp250.000

13. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Photo :
  • Instagram @veekeii_vee92

Tempat wisata di Lombok yang terakhir direkomendasikan adalah Taman Wisata Pusuk Sembalun yang lokasinya masih berada di kawasan lereng Gunung Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur. Terdapat sebuah gardu pandang yang menjadi spot untuk melihat indahnya pemandangan dari ketinggian 1.250 mdpl dan sebagai spot untuk berfoto. Hutan dan pegunungan yang hijau akan memanjakan matamu sebagai pemandangan. Udaranya sudah pasti sejuk dan menyegarkan.

Itulah 13 rekomendasi tempat wisata di Lombok yang bisa menjadi pilihan kamu untuk berwisata saat liburan. Pilihlah tempat wisata yang sesuai dengan tujuanmu berlibur. Meskipun masih banyak tempat wisata di Lombok lainnya, namun destinasi-destinasi di atas tersebut menjadi yang direkomendasikan oleh para wisatawan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kamu yang tengah bingung memilih tempat wisata apa yang akan dikunjungi.