7 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Gak Nyesel

Air Terjun Irenggolo
Sumber :
  • Twitter @FotoJatim

VIVA – Sederet tempat wisata di Kediri ini mungkin menjadi daya tarik kamu untuk berlibur akhir pekan ini. Beberapa rekomendasi akan kami sajikan dalam artikel ini. Kediri merupakan sebuah kota kecil di bagian selatan Provinsi Jawa Timur yang indah dengan fasilitas lengkap yang terkenal sebagai kota penghasil “tahu”.

Pesantren dan Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Jember

Kediri juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang pariwisata, di mana daerah ini memiliki potensi wisata yang menarik dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur. Tak heran jika sekarang ini banyak traveller yang memasukkan tempat wisata di Kediri dalam daftar destinasi liburan mereka.

1. Bukit Gandrung

MUI Jawa Timur Keberatan Miftachul Akhyar Mundur dari Ketua Umum

Bukit Gandrung

Photo :
  • Twitter @vio_shoe

Rekomendasi tempat wisata di Kediri yang pertama ada bukit Gandrung. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang hobi fotografi. Konsep titik foto modern dengan background berupa panorama alam yang asri dan asri dihadirkan di objek wisata ini. Spot foto yang ada diantaranya Gazebo di tengah hutan, sepeda gantung, rumah hobbit, gardu pandang, dan batang pohon raksasa.

Harunya Pak Buari, Warga Terdampak Erupsi Semeru Dapat Hunian Baru

Wisata Bukit Gandrung ini terutama terpikat oleh banyaknya foto-foto menarik yang ditawarkannya. Untuk tiket masuk Bukit Gandrung dikenakan biaya Rp 6.000 / orang. Untuk outbound Rp 15.000, sewa ATV Rp 15.000, Fying Fox Rp 25.000. Lokasi ini beralamat Medowo, Kandangan, Kediri Regency, East Java 64294.

2. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo

Photo :
  • Twitter @FotoJatim

Selanjutnya tempat wisata di Kediri ini ada air terjun Irenggolo. Situs ini sudah terkenal dengan keindahannya dan salah satu air terjunnya di Kediri. Saat liburan tiba, tempat ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Air Terjun Irenggolo memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dan dari atas sampai bawah dipenuhi uleh undakan kecil seperti tangga.

Arus airnya tidak deras, sehingga menjadi sebuah keindahan saat air tersebut mengalir di setiap undakan. Biasanya para pengunjung suka duduk di undakan tersebut sambil diguyur siraman Air Terjun Irenggolo. Untuk tiket masuknya hanya Rp3.000 saja. Lokasinya berada di Jalan Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

3. Taman Hijau Simpang Lima Gumul Kediri Jawa Timur

Taman Hijau SLG

Photo :
  • Twitter @kominfokabkdr

Taman hijau Simpang Lima Gumul merupakan tempat wisata baru Kediri. Beberapa arena rekreasi dan hiburan ruang terbuka hijau yang menarik dikunjungi,  Obyek wisata Taman Hijau Simpang Lima Gumul (SLG) ini disuguhkan untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa bermain dan menikmati taman ruang terbuka hijau ini dengan santai di tempat wisata Kediri yang sedang hits di Kediri.

Taman hijau Simpang Lima Gumul Kediri juga memiliki sarana dan fasilitas untuk bersantai serta tempat untuk bermain air mancur. Taman ruang terbuka hijau ini dibentuk menyerupai bukit kecil yang dilengkapi dengan sarana permainan yang bisa dinikmati untuk umum. Tertarik? Kunjungi lokasinya di Jalan Karanglo No. 324, Dadapan, Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

4. Tempat Wisata Bukit Kura-Kura Ongakan Kediri Jawa Timur

Bukit Kura-Kura Ongakan

Photo :
  • Instagram @nawafasyhar

Rekomendasi tempat wisata di Kediri selanjutnya ada bukit kura-kura Ongakan. Diketahui jika obyek wisata alam Bukit Kura-Kura Ongakan ini dikelola oleh Perhutani dan Karang Taruna Desa Besowo. Di tempat wisata alam Kediri ini pengunjung dapat menikmati suasana yang masih asri dengan bentangan alam gugusan bukit yang berjejer seolah-olah seperti pungguk kura-kura.

Di sisi lain di obyek wisata Bukit Kura-Kura Ongakan ini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan eksotis dari air terjun Gajah Mungkur yang masih terlihat alami. Konon, Wisata lokasi air terjun tersebut lokasinya berjarak sekitar 3 km. Namun lokasinya masih sulit untuk dijangkau oleh para pengunjung. Tiket masuknya sebesar Rp10.000 per orang. Lokasi tempat wisata ini berada di WW ongak'an kelud, Area Hutan, Besowo, Kec. Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64293.

5. Gunung Kelud

Gunung Kelud, Kediri.

Photo :
  • U-Report

Untuk kamu yang memiliki jika petualang wajib banget untuk mendaki di Gunung Kelud. Gunung Kelud sendiri memang menjadi salah satu gunung di Jawa Timur yang begitu kondang. Gunung Kelud menjadi salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini. Tetapi pesona yang ditawarkan memang begitu mempesona. 

Gunung kelud ini terbagi menjadi tiga zona, yakni Zona Sirkuid Kelud, Zona Produksi dan Zona Agrowisata Margomulyo. Jika kamu ingin menantang adrenalin, kamu bisa mengunjungi Zona Sirkuid Kelud. Tetapi jika kamu ingin bersantai sembari menikmati taman bunga, maka kamu bisa mengunjungi Zona Agrowisata Margomulyo.

Taman bunga dengan berbagai jenis bunga cantik akan memanjakan mata kamu. Sementara untuk zona produksi merupakan sentra kuliner serta oleh oleh. Mengunjung wisata kediri Jawa Timur ini kamu juga bisa berburu spot instagramable. 

Harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 per orang. Kamu bisa mengeksplore seluruh kawasan wisata Gunung Kelud. Bila kamu ingin menuju ke kawah, bisa pakai jasa ojek dengan membayar Rp 50.000 per orang PP. Atau kamu bisa jalan kaki sambil tracking tipis-tipis dengan jarak cuma 2 Km. Lokasi Wisata Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang.

6. Kediri Eco Park 

Kediri Eco Park

Photo :
  • Instagram @kediri_ecopark

Tempat wisata di Kediri yang tak kalah menarik yaitu Kediri Eco Park. Kediri Eco Park ini menjadi salah satu destinasi wisata hits di Kediri. Jika kamu berkunjung ke tempat wisata ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menawan dan juga suasana yang membuat betah. Udara yang sejuk lengkap dengan panorama indah memang perpaduan yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Tak hanya rekreasi, kamu juga bisa mendapatkan ilmu tambahan. Kamu bisa belajar mengenai cara budidaya jamur, pembuatan kompos hijau hingga cara tanam hidroponik. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas seperti outbound, perahu kano hingga kolam pemancingan. Kediri Eco Park akan membuat liburanmu berkesan dan tak terlupakan.

Harga tiket masuk ke taman edukasi di Kediri ini masih terjangkau, yaitu Rp5.000. Lokasi Kediri Eco Park berada di sebelah timur pusat kota Kediri, tepatnya  berada di Jalan Kelapa, Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

7. Candi Tegowangi 

Candi Tegowangi Kediri

Photo :
  • http://afrikenz.blogspot.com/

Rekomendasi tempat wisata di Kediri yang terakhir yaitu Candi Tegowangi. Candi Tegowangi menjadi salah satu wisata di kota pare kediri yang menyajikan pemandangan yang berbeda. Lokasinya sangat dekat dari Kampung Inggris, hanya berjarak 15 menit saja. Memang bangunan candi ini tidak lagi utuh, tetapi kamu akan dibawa ke masa lalu dengan melihat candi disini. 
Untuk tiket masuknya Rp5.000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir wisata Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Lokasinya berada di Candirejo, Tegowangi, Kec. Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64155.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kediri yang cocok untuk menghabiskan waktu berlibur kamu bersama teman atau pun keluarga. Namun, jika kamu ingin berlibur saat ini tetap patuhi protokol kesehatan ya. Karena saat ini Indonesia masih dilanda virus covid-19. Selamat berlibur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya