Ada Bahasa Rusia, Ini 10 Bahasa di Dunia yang Paling Sulit Dipelajari

Ilustrasi Bahasa Arab
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVA – Ada beberapa bahasa paling sulit dipelajari di dunia yang mungkin tidak kamu ketahui. Bahasa sendiri memegang peranan penting dalam kehidupan sosial, sebab memudahkan kita untuk saling berinteraksi dengan orang lain di sekitar kita. Setiap negara di dunia memiliki bahasa ibu, bahasa resmi, dan juga bahasa kedua. Mempelajari ketiga bahasa tersebut memang sangat menantang, tapi memiliki segudang manfaat. Bahkan, beberapa negara di dunia dikategorikan mempunyai bahasa yang paling sulit dipelajari. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Mempelajari bahasa baru tentu saja bermanfaat untuk menambah keterampilan, peluang karier, dan berkomunikasi dengan warga negara asing saat berlibur. Bahkan, menurut penelitian, belajar bahasa yang baru bisa meningkatkan keterampilan memori dan fokus kita. Baru-baru ini Foreign Service Institute (FS) menyatakan bahwa ada bahasa paling sulit dipelajari dunia. Beberapa bahasa tersebut sulit dipelajari untuk penutur Bahasa Inggris, karena tidak memakai huruf latin. Nah, berikut adalah ulasan selengkapnya tentang bahasa paling sulit dipelajari di dunia. 

1. Bahasa Mandarin

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Metode Happy Learning Bahasa Mandarin

Photo :
  • ist

Bahasa paling sulit dipelajari di dunia urutan pertama adalah Mandarin. Walaupun terbilang sangat sulit, bahasa ini banyak digunakan di beberapa negara lain seperti Taiwan, Hong Kong, dan Singapura. Mandarin terbilang sulit dipahami lantaran sistem penulisan yang berbeda. Bahasa Mandarin juga tidak mempunyai huruf alfabet latin, terdapat ribuan, dan karakter yang harus dipelajari. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Selain itu, setiap kata yang diucapkan mempunyai nada yang berbeda. Nada yang diucapkan dalam bahasa ini bisa berbeda arti. Misalnya adalah kata ma dalam bahasa tersebut dapat berarti kuda, ibu, kasar, atau memarahi, bergantung dengan bagaimana cara mengucapkannya. Memerlukan kesabaran yang ekstra untuk bisa mempelajari cara membaca, menulis, dan melafalkannya.  

2. Bahasa Arab

Ilustrasi Bahasa Arab

Photo :
  • istockphoto.com

Bahasa paling sulit dipelajari di dunia berikutnya adalah Bahasa Arab dan termasuk ke dalam lima besar bahasa yang paling banyak digunakan berdasarkan negara dan wilayah. Bahasa Arab setiap daerah dapat berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti bahasa Mandarin, Arab juga tidak menggunakan huruf alfabet atau latin. 

Terdapat 28 huruf Arab yang harus dipelajari oleh penutur pemula, dan juga memerlukan waktu untuk menulis serta membaca dalam bahasa Arab yang cukup sulit dipahami. Cara penulisan huruf Arab juga berbeda, yaitu dari kanan ke kiri. Sehingga para pelajar memerlukan waktu lama untuk belajar menulis. 

3. Bahasa Rusia

Kamus Bahasa Rusia - Indonesia

Photo :
  • VIVAnews/Kedutaan Besar Rusia

Bahasa paling sulit dipelajari di dunia ini banyak dipakai oleh negara Rusia, Ukraina, Kazakhstan, Belarus, Kyrgyzstan, dan masih banyak yang lainnya. Kesulitan dalam mempelajari bahasa Rusia karena tidak memakai alfabet yang seperti biasanya. Bahasa Rusia memakai alfabet sendiri yang dinamakan sebagai Cyrillic. Untuk pemula yang mempelajari, bahasa Rusia adalah bahasa yang sangat memusingkan. 

Selain itu, bahasa resmi negara yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin ini juga mempunyai intonasi yang berbeda-beda sehingga terlalu fleksibel dan mudah berubah dalam arti dan nadanya sesuai dengan konteks kalimatnya. Sementara untuk kata kerja dan tata bahasa di dalam bahasa Rusia menambah kesulitan tersendiri untuk bahasa ini. 

4. Bahasa Jepang

Belajar kosa kata bahasa Jepang.

Photo :
  • U-Report

Jepang juga tidak absen dari bahasa paling sulit dipelajari di dunia. Bahasa Jepang adalah bahasa yang cukup kompleks secara harfiah. Sementara itu, bahasa Jepang sendiri mempunyai tiga aksara berbeda yang dinamakan sebagai hiragana, katakana, dan kanji. 

Masyarakat Jepang tidak terbiasa untuk menulis dengan huruf romawi. Selain memakai tiga jenis aksara, kesulitan bahasa Jepang juga tampak dalam struktur kalimatnya. Bahasa Jepang mempunyai struktur yang sangat membingungkan ketimbang bahasa yang lain.

5. Bahasa Thailand

Chao Praya, Thailand

Photo :
  • U-Report

Orang Thailand mempunyai logat bahasa yang bisa dikatakan unik. Hingga kadang kita akan tertawa mendengar mereka berbicara. Tapi jangan meremehkan, sebab bahasa Thailand ini juga menjadi salah satu dalam daftar bahasa paling sulit dipelajari di dunia. 

Kesulitan dalam bahasa ini berasal dari sebuah kata yang dapat mempunyai arti banyak, bergantung dengan cara melafalkannya. Intonasi atau nadanya juga memiliki 5 jenis yang berbeda. Belum lagi dengan bunyi vokalnya yang panjang atau pendek, serta penulisan yang tidak kalah sulit. 

6. Bahasa Polandia

Cabo da Roca, Polandia

Photo :
  • Wikipedia

Bahasa Polish atau Polandia termasuk ke dalam deretan bahasa paling sulit dipelajari di dunia. Bahasa Polish ini dipakai di beberapa negara di Eropa, seperti Polandia, Rusia, Slovakia, Republik Ceko, Rumania, dan juga Ukraina. Bahasa Polski ini juga masih memiliki kekerabatan dengan bahasa Ceko, Slovakia, dan Serbia. 

Salah satu bahasa yang paling sulit di dunia ini akan sulit dieja dan dibaca oleh para penutur bahasa Inggris. Bahasa ini memakai penulisan latin dan memiliki tujuh kasus tata bahasa seperti nominatif, gender, datif, akusatif, dan lain sebagainya. Selain itu, kata-kata dalam bahasa ini juga kerap disisipi dengan konsonan sehingga sulit untuk dibaca. 

7. Bahasa Turki

Cappadocia

Photo :
  • U-Report

Bahasa Turki ternyata berhasil masuk ke dalam deretan bahasa paling sulit dipelajari di dunia. Kesulitan dalam memahami bahasa Turki ini lantaran mempunyai harmonisasi vokal. Huruf vokal dalam satu kata ini dapat diubah atau satu kata diakhiri dengan huruf vokal untuk membuatnya terdengar seperti kalimat yang mengalir. 

Akan tetapi, bila kamu sudah menguasai bahasa Arab, mempelajari bahasa Turki akan semakin mudah. Sebab, mayoritas kata-kata yang ada di dalam bahasa Turki diserap dari bahasa Arab.

8. Bahasa Hungaria

Budhapest, Hungaria

Photo :
  • BusinessInsider

Untuk penutur bahasa Inggris, Hongaria atau Hungaria dikatakan sebagai salah satu bahasa tersulit yang ada di dunia. Hal ini karena mempunyai 26 kelompok kata yang berbeda serta sufiks (afiks yang ditambahkan di bagian belakang kata dasar) yang berbeda. Bahasa Hongaria juga termasuk ke dalam rumpun bahasa kecil, sama seperti bahasa Finlandia. Pelafalan dan makna dari setiap katanya juga berbeda. 

9. Bahasa Jerman

Ulm Minster, Ulm, Jerman

Photo :
  • Instagram @komagrafie

Bahasa Jerman merupakan bahasa yang mempunyai aturan untuk kata benda dan kata kerja. Dalam kata benda, bahasa ini mempunyai empat kasus yang berbeda dan tiga kata untuk tiga jenis kelamin yang berbeda. Dalam bahasa ini juga mempunyai kalimat intuitif yang berguna untuk menciptakan rantai panjang verba di akhir setiap kalimat. Hal ini karena verba berada di bagian akhir klausa. 

10. Bahasa Yunani

Yunani

Photo :
  • BusinessInsider

Bahasa Yunani termasuk ke dalam bahasa tertua di Eropa, serta masuk ke dalam jajaran bahasa paling sulit dipelajari di dunia. Sekarang ini, bahasa Yunani modern berbeda dengan bahasa Yunani Kuno. Bahasa modern tersebut berakar dari bahasa Spanyol, Perancis, dan Latin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya