5 Fakta Madinah, Kota Paling Aman Bagi Perempuan di Dunia?

Masjid Nabawi di Kota Madinah Arab Saudi
Sumber :
  • SPA

VIVA – Fakta madinah kota paling aman bagi perempuan, kota ini terletak di wilayah Hijaz di Arab Saudi bagian barat. Jarak dari Mekah, kota suci pertama, sekitar 443 kilometer. Madinah juga merupakan Kota Suci bagi umat Islam ini juga menjadi rumah bagi Nabi Muhammad SAW setelah Ia melakukan hijrah dari Mekkah.

Viral, Penjaga Kos di Jakpus Intip Perempuan Lagi Mandi dari Sela Jendela

Ternyata selain menjadi kota tonggak pergerakan Islam di awal permulaan, Kota Madinah kini memiliki banyak fakta-fakta yang unik dan menarik untuk kamu ketahui, fakta-fakta ini Viva rangkum melalui lansiran berbagai sumber, sebagai berikut;

1. Kota Kurma

BPS Sebut Ketimpangan Gender Menurun pada 2023, Ini Buktinya

Madinah mengembangkan kegiatan ekonomi ekonomi pertanian dengan menanam buah-buahan, sayuran, dan sereal. Ribuan pohon kurma menjadi pemandangan menarik di kota ini. Buah Kurma disajikan dan dikemas untuk ekspor di pabrik yang dibangun pada tahun 1953.

Sejak 1920, sebanyak 139 varietas kurma ditanam di Madinah. Peran industri kurma sangat penting bagi perekonomian kota, karena permintaan untuk Kurma sebagai konsumsi sehari-hari dan oleh-oleh mereka yang ke jazirah Arab Saudi tak pernah putus. Peran Kurma juga menonjol dalam tradisi puasa Ramadhan dan budaya Islam secara keseluruhan.

Semangat Kartini, Kesetaraan dan Pemberdayaan Perempuan Terus Didorong

2. Tempat Peristirahatan Nabi Muhammad SAW

Madinah juga dikenal sebagai “kota yang tercerahkan” dan “kota Rasulullah”. Ini adalah tempat paling suci kedua dalam Islam setelah Mekah. Hal ini juga disebabkan karena merupakan kota atau tempat pemakaman bagi Nabi Muhammad dan juga tempat berlindung nya di kota lain setelah ia berhijrah dari Mekah.

Nabi Muhammad dimakamkan di Al-Masjid an-Nabawi, yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai The Prophet's Mosque. Masjid ini berada di sebuah situs bersejarah di sebelah rumah Nabi Muhammad SAW.

3. Tempat masjid tertua di dunia

Ada banyak masjid tua di Madinah, misalnya Masjid Nabawi. Nabi Muhammad SAW sendiri membantu dalam proses membangun Masjid An-Nabawi pada tahun 622 M (1 H). Itu adalah masjid kedua yang dibangun Muhammad di Madinah dan merupakan masjid terbesar kedua di dunia dan situs tersuci kedua dalam Islam.

Namun, ada masjid yang lebih tua di Madinah – Masjid Quba. Catatan menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW menempatkan batu pertama masjid segera setelah dia tiba di Madinah pada tahun 622 M. Ini menjadikannya masjid Islam pertama yang pernah dibangun dan karena itu menjadikannya disebut sebagai masjid tertua di dunia.

4. Non-Muslim tidak bisa masuk ke pusat Madinah

Seperti Mekah, Madinah adalah tempat suci bagi Islam. Akibatnya, pejabat setempat melarang non-Muslim memasuki wilayah lapangan Nabawi di pusat kota. Di sini juga merupakan letak Masjid Al-Nabawi berada. Nama daerah yang tertutup bagi non-Muslim disebut dengan haram. Namun, non-Muslim masih dapat mengunjungi wilayah pinggiran dan wilayah Madinah lainnya.

5. Kota Paling Aman Bagi Perempuan Di Dunia

Hasil penelitian InsureMyTrip, sebuah asuransi perjalanan, menempatkan Kota Madinah, Arab Saudi sebagai kota teraman di dunia bagi traveler wanita yang bepergian sendiri. Penelitian ini dipublikasikan pada Februari 2022.

Berdasarkan skala penilaian dari 1 sampai 10, Kota Madinah mendapat nilai sempurna.

Untuk menentukan daftar kota teraman di dunia, InsureMyTrip menggunakan dua tolok ukur: tingkat keamanan berjalan sendirian di malam hari dan tidak khawatir akan serangan berdasarkan gender.

Dalam hasil penelitian tersebut, InsureMyTrip merilis 65 kota teraman di dunia. 5 kota teraman untuk traveler perempuan adalah Madinah, Arab Saudi dengan skor 10/10, Chiang Mai, Thailand dengan skor 9,06/10, Dubai, Uni Emirat Arab dengan skor 9,04/10, Kyoto, Jepang dengan skor a skor 9,02/10, dan Makau, Cina dengan skor 8,76/10.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya