8 Jembatan Tercantik di Indonesia yang Sangat Megah dan Unik

Suasana Arus Mudik di Kelok 9
Sumber :
  • ANTARA Foto/Iggoy El Fitra

VIVA – Karena Indonesia yang dikelilingi oleh banyak perairan, maka tidak heran bila dibangun banyak jembatan sebagai akses antar wilayah. Beberapa dari akses penghubung ini termasuk ke dalam jembatan tercantik di Indonesia. Bahkan, jembatan tersebut dijadikan sebagai ikon dari kota tersebut sekaligus menjadi tempat wisata untuk masyarakat setempat. Jembatan ini dikatakan mempunyai keunikan, baik dari sisi arsitektur maupun pemandangan alamnya. 

Pembunuh Mayat di Bawah Jembatan Lampung Ditangkap di Manado

Kemudian seiring dengan berkembangnya waktu, konstruksi dan desain jembatan kerap diandalkan sebagai simbol atau landmark untuk sebuah daerah. Tak heran bila banyak negara-negara di dunia dan juga beberapa kota di Tanah Air yang membuat jalan dengan desain unik dan menarik sebagai simbol keindahan. Nah, dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan tentang jembatan tercantik di Indonesia. 

1. Jembatan Layang Semanggi

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

Simpang Susun Semanggi

Photo :
  • Instagram/basukibtp

Di ibu kota Jakarta, ada jalan layang indah dengan bentuk yang sangat mirip dengan daun semanggi di persimpangan Sudirman-Gatot Subroto. Menurut catatan sejarah, jembatan layang Semanggi dibangun pada tahun 1951. Saat itu, Presiden Soekarno adalah orang yang mencetuskan gagasan ini, karena filosofinya menganut nilai-nilai pemersatu negara.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

2. Jembatan Cikubang

Suasana lalu lintas di jembatan Cikubang Tol Cipularang

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jembatan Cikubang merupakan jembatan kereta api terpanjang di Indonesia dengan total panjang 300 meter dan membentang di persawahan, jurang dan perbukitan. Jembatan Cikubang yang sudah digunakan sejak tahun 1906 ini tingginya 80 meter dari dasar Sungai Cikubang dan masih berdiri kokoh sampai sekarang.

3. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu.

Photo :
  • Surabaya Post / Iwan Heriyanto

Jembatan tercantik selanjutnya di Indonesia adalah jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura. Jembatan ini terdiri dari tiga bagian, yaitu jembatan layang, jembatan penghubung dan jembatan utama, dengan total panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter. Menariknya, lampu warna-warni yang menghiasi Jembatan Suramadu di malam hari menambah keindahan Selat Madura.

4. Jembatan Pasupati

Pemandangan Kota Bandung (tampak jembatan Pasopati) dari udara

Photo :
  • Antara/ Rezza Estily

Bagi yang pernah melakukan perjalanan ke Bandung dengan memakai mobil, jembatan ini pasti sudah tidak asing lagi. Jembatan layang Pasupati atau Jembatan Pasupati menghubungkan utara dan timur Kota Bandung melalui kawasan Lembah Cikapundung. Dengan panjang mencapai 2,8 kilometer dan lebar 30-60 meter, Jembatan Pasupati dinilai sebagai jembatan terpanjang kedua di Indonesia dan menjadi landmark di Bandung.

Jembatan Ampera, ikon kota palembang

Photo :
  • U-Report

Jembatan yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan ini sekaligus menjadi simbol kota empek-empek. Gunakan Jembatan Ampera untuk akses mudah dari Sebrang Ulu dan Sebrang Ilir. Sebelumnya, bagian tengah jembatan bisa ditinggikan untuk memudahkan perahu menyeberangi Sungai Muxi. Namun, hal ini tidak pernah dilakukan sejak tahun 1970 karena mengganggu lalu lintas kendaraan di jembatan.

6. Jembatan Kelok 9

Suasana Arus Mudik di Kelok 9

Photo :
  • ANTARA Foto/Iggoy El Fitra

Jembatan Kelok 9 terletak di Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat dengan bagian berkelok-kelok sepanjang 300 meter, terdapat dua cagar alam yang paling dekat dengan jembatan yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Jembatan ini juga dikenal dengan tikungan tajamnya, karena lebarnya hanya 5 meter dan berbatasan dengan ngarai. Setiap tahun, jembatan Kelok 9 menjadi tempat penyelenggaraan lomba balap sepeda Tour De Singkarak.

7. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang di kelurahan Tembesi, Kota Batam, Kepulauan Riau

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Barelang adalah akronim, diambil dari Batam - Rempang - Galang. Jembatan ini menghubungkan pulau Batam, Watch, Rempang, Galang dan Galang Baru. Barelang sendiri terdiri dari 6 jembatan diantaranya Jembatan Tengku Fisabilillah, Jembatan Nara Singa, Jembatan Raja Ali Haji, Jembatan Sultan Zainal Abidin, Jembatan Tuanku Tambusai dan Jembatan Raja Kecik. Jembatan Barelang menjadi salah satu ikon tempat wisata Batam dan tempat wisata yang populer.

8. Jembatan Barito

Tongkang menabrak pondasi Jembatan Kalahien yang lintasi Barito

Photo :
  • Antara/ Bayu

Kamu bisa menemukan jembatan tercantik di Indonesia berikutnya di Kabupaten Barito Kuala. Jembatan ini membentang di Sungai Barito dan menghubungkan kecamatan Anjir Muara dan Alalak di Kalimantan Selatan. Keunikan lain dari jembatan ikonik di Indonesia ini adalah pulau di tengahnya yang disebut sebagai pulau Bakut. Jembatan Barito juga tercatat sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya