6 Orang Hilang usai Runtuhnya Jembatan Baltimore Diduga Tewas, Pencarian Dihentikan

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo
Sumber :
  • Live Storm Chasers

Washington – Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) mengatakan pada Selasa malam, 26 Maret 2024, bahwa mereka membatalkan misi pencarian dan penyelamatan enam pekerja konstruksi yang hilang, setelah sebuah kapal kargo menabrak Jembatan Francis Scott Key di Baltimore dini hari, dan menyebabkan kapal itu tenggelam di Patapsco.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Para pejabat mengatakan suhu air sekitar 46 hingga 48 derajat, jarak pandang yang buruk, dan perubahan arus berperan dalam keputusan tersebut setelah upaya keras untuk menemukan para pekerja yang tenggelam.

"Berdasarkan lamanya waktu yang kami lakukan untuk melakukan pencarian ini, upaya pencarian ekstensif yang kami lakukan, suhu air, pada titik ini kami tidak yakin bahwa kami akan menemukan individu-individu ini masih hidup,'' kata Laksamana Penjaga Pantai Shannon Gilbreath dalam konferensi pers.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Photo :
  • Fox News

"Jadi malam ini sekitar pukul 07.30 kami akan menghentikan upaya pencarian dan penyelamatan yang aktif," kata Gilbreath, dikutip dari USA Today, Rabu, 27 Maret 2024.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Fokus operasi akan beralih ke pemulihan dan dimulai kembali pada hari Rabu pukul 06.00 pagi, kata para pejabat.

Sekitar pukul 01.30 Selasa, sebuah kapal berbendera Singapura bernama Dali menabrak Jembatan Francis Scott Key, saat meninggalkan Pelabuhan Baltimore. Insiden itu menyebabkan jembatan tersebut runtuh dalam hitungan detik. 

Para pejabat mengatakan kru kapal telah memperingatkan akan adanya masalah listrik dan mengirimkan pesan "mayday" sebelum tabrakan.

Rekaman kejadian menunjukkan kapal kargo menabrak salah satu tiang sebelum jembatan putus, dan menghantam air serta sebagian jatuh menimpa kapal, di mana semburan api dan asap terlihat membubung ke atas langit.

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Photo :
  • AP Photo/Steve Helber

Beberapa kendaraan berada di jembatan pada saat tabrakan dan terjun ke sungai yang cukup dingin hingga menyebabkan hipotermia.

"Ada juga beberapa kontraktor di jembatan yang sedang memperbaiki lubang," kata Menteri Transportasi Maryland Paul Wiedefeld.

Sejauh ini dua orang telah diselamatkan. Satu orang tidak terluka dan satu lagi masih dalam kondisi sangat serius, katanya.

Jennifer Homendy, ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, mengatakan pada konferensi pers sore hari bahwa badan tersebut akan memimpin penyelidikan, namun dia tidak akan memberikan informasi mengenai korban jiwa atau cedera akibat insiden tersebut, dan menyerahkan hal itu kepada pihak berwenang setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya