7 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa, Cocok untuk Ekspatriat

Budhapest, Hungaria
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA – Mendapat julukan sebagai Benua Biru, Eropa mempunyai segudang daya tarik untuk wisatawan mancanegara. Di benua ini, kamu bisa menemukan banyak warisan budaya dan seni yang berasal dari abad pertengahan sambil menikmati work-life balance yang sangat terjaga di berbagai negara di benua ini. Selain itu, negara-negara yang masuk ke dalam wilayah Eropa banyak membuka lapangan pekerjaan menjanjikan, dalam berbagai sektor industri. 

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Hal tersebut yang membuat banyak orang tertarik untuk berwisata atau merantau ke Eropa untuk mencari kehidupan yang lebih baik lagi. Tapi sayang, tak bisa dipungkiri bahwa biaya hidup rata-rata di negara Eropa memang relatif tinggi. Walaupun harga yang ditawarkan memang sepadan dengan berbagai fasilitas publik yang dinikmati. Namun, hal ini cenderung memberatkan orang-orang yang hendak mencari kehidupan di Eropa. 

Walaupun demikian, masih ada beberapa negara Eropa dengan biaya hidup rendah dan masih terjangkau oleh semua kalangan. Negara tersebut bisa menjadi tujuan kamu untuk mencari pekerjaan atau hanya ingin berlibur menikmati keindahan Benua Biru tersebut. Nah, berikut ulasan tentang negara dengan biaya hidup termurah di Eropa seperti dirangkum VIVA dari laman Budget Travel Buff

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

1. Bulgaria

Sunny Beach, Bulgaria

Photo :
  • Wikimedia Commons
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Negara dengan biaya hidup termurah di Eropa pertama adalah Bulgaria. Hal ini karena ekonomi yang sedang berkembang dan industri teknologi yang tengah berkembang. Negara ini bukan hanya menjadi negara Eropa yang murah untuk ditinggali, tapi juga diperkaya dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Sewa kamar di negara ini juga sangat murah. 

Di negara ini kamu bisa dengan mudah menemukan studio sewa kamar dengan harga US$250-300. Bahkan, harga makanan dan tagihan listrik di Bulgaria juga menjadi yang paling murah di seluruh Uni Eropa. Transportasi di sebagian kota besar Bulgaria sangat mudah dan harganya pun murah untuk mencapai satu tempat ke tempat lain. 

2. Ukraina

Ilustrasi transportasi trem di kota Donetsk, Ukraina

Photo :
  • wikipedia.org

Ukraina adalah negara yang menarik dan bersemangat, kaya akan keindahan alam dan penuh dengan peluang bagi ekspatriat. Baik untuk kamu yang ingin tinggal di ibu kota atau menghadap pantai yang disinari matahari di barat, kamu akan menemukan perumahan modern berkualitas tinggi dengan harga murah.

Ukraina menarik bagi pendatang baru karena kehangatan penduduknya, iklim sedang, biaya hidup rendah, kenyamanan modern, dan layanan kesehatan, serta budaya asli yang kaya dan dinamis. Ini juga merupakan tujuan yang sempurna bagi mereka yang mencari pensiun terjangkau di Eropa.

Ukraina memiliki gereja yang fantastis, arsitektur yang indah, istana dongeng, dan garis pantai Laut Hitam yang megah. Dari arsitektur yang menakjubkan hingga sejarah yang menarik, dari budaya yang memukau hingga makanan yang lezat, Ukraina memiliki cukup banyak alasan untuk melebihi harapan kamu.

3. Rumania

Rumania

Photo :
  • pixabay

Negara dengan biaya hidup termurah di Eropa lainnya yang cukup diremehkan untuk ditinggali menurut standar kawasan ini adalah Rumania. Negara ini menawarkan makanan lezat, biaya hidup yang cukup terjangkau, dan keindahan alam yang luar biasa. Biaya hidup yang rendah di Rumania memungkinkan para pensiunan untuk meningkatkan perjalanan mereka. 

Di sini, kamu juga bisa melakukan hobi baru, dan secara umum menikmati kualitas hidup yang lebih baik. Rumania adalah negara Eropa yang kecil dan terjangkau tetapi memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para pengunjungnya. Dari pemandangan Transylvania yang menakjubkan hingga situs warisan UNESCO, tempat bersejarah, dan kastil yang luar biasa.  

4. Polandia

College of Wizardy di Polandia.

Photo :
  • U-Report

Polandia menawarkan berbagai sektor teratas dengan banyak peluang kerja bagi ekspatriat, terutama di industri internasional. Warsaw, ibu kota Polandia adalah kota yang menawan dan dianggap sebagai salah satu kota termurah untuk ditinggali di Eropa. Bahasa Polandia adalah bahasa ibu di Polandia, Tetapi 30% orang dapat berbicara bahasa Inggris. 

Jadi, mengajar bahasa Inggris bisa menjadi profesi yang bagus untuk ekspatriat. Tinggal di salah satu kota besar di Polandia jauh lebih murah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya seperti Jerman, Italia, Swiss. Harga makanan bisa sangat murah bahkan di kota-kota besar seperti Warsawa, Krakow.

5. Hungaria

Budhapest, Hungaria

Photo :
  • BusinessInsider

Sulit untuk menemukan negara lain yang murah untuk tinggal di Eropa dengan keindahan alam yang luar biasa dan banyak peluang. Ibu kota Hungaria adalah Budapest, salah satu kota termurah di Eropa untuk hidup dengan anggaran terbatas. Secara bertahap menjadi tempat bagi wisatawan internasional dan ekspatriat.

Ibu kota Budapest sangat aman dan salah satu tempat terbaik untuk bepergian sendirian di Eropa. Negara ini menawarkan sungai Danube yang indah, danau Balaton, lembah hijau subur, sejarah yang kaya, dan budaya yang dinamis. Hungaria juga menawarkan peluang bagus untuk hiking dan kegiatan luar ruangan lainnya. 

6. Slovakia

The Bridge of the Slovak National Uprising, Bratislava, Skotlandia

Photo :
  • dok. pixabay

Slovakia adalah negara yang aman dan murah di Eropa untuk ditinggali dan telah mulai menarik lebih banyak ekspatriat dan pelancong internasional dalam beberapa tahun terakhir. Kamu tidak perlu membobol tabungan saat tinggal dan bekerja di sini, karena Slovakia adalah salah satu negara Eropa termurah untuk ditinggali bagi orang Amerika.

Slovakia tidak semurah Bulgaria, atau Hongaria tetapi menawarkan nilai yang lebih baik dalam standar hidup, perawatan kesehatan, dan pendidikan. Di sini kamu bisa makan enak, minum enak, dan mengunjungi banyak tempat wisata dengan harga yang lebih murah daripada negara-negara di Eropa.

7. Latvia 

Riga - Latvia.

Photo :
  • U-Report

Negara dengan biaya hidup termurah di Eropa terakhir adalah tempat yang indah dan murah bagi para pensiunan untuk menjalani tahun-tahun emas mereka. Semuanya terjangkau di sini baik itu perumahan, perawatan kesehatan, atau bahan makanan. Ada banyak tempat menarik untuk dijelajahi, berbagai aktivitas untuk dicoba, dan penduduk setempat yang ramah. 

Ini adalah salah satu tempat termurah untuk tinggal di Eropa untuk penutur bahasa Inggris karena 27% orang Latvia berbicara bahasa Inggris dan menjadikan Latvia negara honeypot untuk pengembara digital dan ekspatriat. Latvia menawarkan berbagai pilihan rekreasi yang mencakup hiking, kayak, ski, dan banyak kegiatan luar ruangan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya