Sandiaga Uno: Desa Wisata Kubah Basiri Tawarkan Paket Wisata Komplet

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Ist.

VIVA – Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Kemenparekraf kali ini mengunjungi salah satu finalis yang masuk 50 besar. Para juri serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Kubah Basiri, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Desa Wisata ini masuk nominasi dari 50 peserta terbaik yang berhasil diseleksi oleh para juri. 

6 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum

“Jadi tema ADWI kali ini adalah Kebangkitan Ekonomi Indonesia Bangkit, jadi penilaian bukan hanya lokasi tapi meningkatkan SDM dan ekonomi bagi masyarakat desa tersebut,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, Minggu 5 Juni 2022.

Untuk menuju desa tersebut, Menteri Sandiaga menaiki speedboat sambil menikmati pemandangan sepanjang sungai Martapura yang dilewati. Ia juga melihat langsung patung binatang khas dari Kalimantan yaitu bekantan, serta barisan kapal yang bersandar di sepanjang sungai. 

Sandiaga soal Peluang Gabung Prabowo-Gibran: Sesuai Namanya Partai Persatuan

Desa Wisata Kubah Basiri menawarkan paket wisata komplet. Selain bisa susur sungai, di lokasi ini juga ada wisata religi.

Digadang Maju Pilgub DKI, Sandiaga Uno: Tugas Resmi Belum, Kita Pertimbangkan secara Serius

“Tadi habis susur sungai, saya langsung ziarah ke makam Habib Basirih,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga berpesan kepada pengelola untuk bisa menjaga kebersihan di lokasi tersebut. Dia juga menemui hal unik lainnya yang bisa diangkat menjadi salah satu tujuan wisata di Kalsel yaitu pasar terapung yang melakukan aksi Jukung Teratai, yaitu formasi perahu-perahu yang membentuk pola seperti bunga teratai. 

"Pasar terapung menjadi kegiatan masyarakat lokal yang sangat menarik perhatian wisatawan dan ini dapat menjadi daya jual yang harus dikembangkan untuk peningkatan ekonomi yang berkelanjutan,” tuturnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Sandi juga melihat penampilan Hadroh dari Kelompok Hadroh Sinar Bahagia. Mengakhiri kunjungannya, Sandiaga langsung memberikan sertifikat, plakat, goodie box, dan prasasti untuk desa wisata Kubah Basirih. Selain itu, Sandiaga juga memberi bantuan berupa dua Set Alat Hadroh untuk mendukung kegiatan warga desa. Ia juga memberi tempat sampah dan tempat cuci tangan untuk membantu fasilitas CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability), di desa wisata Kubah Basirih. 

pasar terapung di Banjarmasin

Photo :
  • U-Report

Sebagai informasi, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk kedua kalinya dengan mengangkat tema Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit. 

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya