Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO, Ini 7 Fakta Kota Bern di Swiss

Kota Bern, Swiss
Sumber :
  • pixabay/Pfüderi

VIVA – Bern atau Berne adalah ibu kota Swiss. Kota ini terletak di dataran tinggi Swiss di kanton Bern, sedikit ke barat dari pusat Swiss dan 20 km (12 mi) di utara Pegunungan Alpen. Kota Bern memiliki sejuta keunikan yang mungkin belum kamu ketahui. Melansir dari JustFunFacts, berikut sejumlah fakta menarik tentang kota Bern di Swiss.

5 Negara Terbaik Untuk Menikmati Masa Tua

1. Awal mula Kota Bern berdiri

Pada Agustus 2019, populasi Bern adalah sekitar 140.000 orang. Kota ini mencakup area seluas 52 kilometer persegi (20 mil persegi). Ketinggian rata-rata adalah 540 meter (1.770 kaki) di atas permukaan laut.

Irjen Aan Ungkap Sederet Fakta Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Lingga Kencana di Ciater

Kota Bern, didirikan pada tahun 1191 dan pertama kali disebutkan dalam sebuah dokumen pada tahun 1208, tumbuh menjadi negara kota aristokrat terbesar di utara Pegunungan Alpen dan kekuatan utama di Konfederasi Swiss Lama.

Secara bertahap memperluas kekuasaannya dengan memperoleh wilayah sekitarnya, menjadi negara merdeka yang pada tahun 1353 memasuki Konfederasi Swiss, yang segera mulai memimpin.

Fakta Baru Mayat Wanita dalam Koper, Arif Sudah 2 Kali Berhubungan Badan dengan Rini

2. Bern menjadi tempat perselisihan

Kota Bern, Swiss

Photo :
  • pixabay/csr_ch

Bern adalah tempat perselisihan pada tahun 1528 antara Katolik Roma dan Reformator yang menyebabkan penerimaannya dan kejuaraan berikutnya dari doktrin-doktrin Protestan. Pasukan Prancis menduduki Berne pada tahun 1798, selama Perang Revolusi Prancis, ketika sebagian besar wilayahnya dilucuti.

Pada tahun 1831, kota ini menjadi ibu kota Kanton Berne, dan pada tahun 1848, ketika konfederasi Swiss diganti dengan pemerintah federal yang terpusat, Berne menjadi ibu kota Swiss.

3. Bern menjadi rumah bagi rovolusioner

Sejumlah kongres Sosialis Internasional Pertama dan Kedua diadakan di Bern, khususnya selama Perang Dunia I ketika Swiss netral. Bern adalah rumah bagi revolusioner Rusia Vladimir Lenin, yang tinggal di sana beberapa tahun. Selama Perang Dunia II, rencana invasi rinci disusun oleh Jerman, tetapi Swiss tidak pernah diserang.

4. Menjadi situs warisan dunia UNESCO

Kota Tua Bern

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pada tahun 1983, kota tua bersejarah di pusat Bern menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun di atas bukit sempit yang dikelilingi di tiga sisi oleh sungai Aare, tata letaknya yang kompak pada dasarnya tetap tidak berubah sejak pembangunannya selama abad kedua belas hingga kelima belas. 

Meskipun terjadi kebakaran besar pada tahun 1405, setelah itu sebagian besar kota dibangun kembali dengan batu pasir, dan upaya konstruksi yang substansial pada abad ke-18, kota tua Bern tetap mempertahankan karakter abad pertengahannya.

5. Memiliki katedral tertinggi di Swiss

Bern Minster adalah katedral Reformasi Swiss, di kota tua Bern. Dibangun dengan gaya Gotik, konstruksinya dimulai pada 1421. Menaranya, dengan ketinggian 100,6 m (330 kaki), baru selesai pada 1893. Ini adalah katedral tertinggi di Swiss dan merupakan Properti Budaya Penting Nasional.

Zytglogge adalah menara abad pertengahan tengara di kota tua Bern. Dibangun pada awal abad ke-13, kota ini berfungsi sebagai menara penjaga, penjara, menara jam, pusat kehidupan kota, dan peringatan sipil. Terlepas dari banyak dekorasi ulang dan renovasi yang telah dilakukan selama 800 tahun keberadaannya, Zytglogge adalah salah satu simbol Bern yang paling dikenal dan monumen tertua kota, dan dengan jam astronomi abad ke-15, daya tarik wisata utama.

Barengraben, atau Bear Pit, adalah objek wisata di ibu kota Swiss, Bern. Ini adalah lubang beruang, atau kandang beruang, terletak di tepi timur kota tua Bern, di sebelah Nydeggbrucke dan Sungai Aar. Meskipun masih digunakan, Bärengraben telah dilengkapi sejak 2009 oleh BarenPark yang berdekatan, sebuah selungkup yang lebih besar dan lebih alami di sepanjang Sungai Aar.

6. Ada museum tertua

Museum Seni Rupa Bern didirikan pada tahun 1879 di Bern, adalah museum seni tertua di Swiss dengan koleksi permanen. Kepemilikannya berjalan dari Abad Pertengahan hingga saat ini. Ini menampung karya-karya Paul Klee, Pablo Picasso, Ferdinand Hodler, Meret Oppenheim, Ricco Wassmer dan Adolf Wolfli. Koleksinya terdiri dari lebih dari 3.000 lukisan dan patung serta 48.000 gambar, cetakan, foto, video, dan film.

Museum Sejarah Bern adalah museum sejarah terbesar kedua di Swiss. Museum ini berisi koleksi yang berkaitan dengan sejarah Bern dari zaman prasejarah hingga sekarang dan artefak lainnya yang dipamerkan secara permanen dari Asia, Oseania, Amerika, dan Mesir. Pertama kali disusun sebagai pameran sementara pada tahun 2005, Museum Einstein menjadi museum yang didedikasikan untuk kehidupan dan karya Albert Einstein, yang mengembangkan Teori Relativitas saat tinggal di Bern.

Einsteinhaus (Einstein House) adalah museum dan bekas kediaman Albert Einstein. Terletak di Kramgasse No. 49 di Bern, Swiss. Sebuah flat di lantai dua rumah itu ditempati oleh Einstein, istrinya Mileva Mari?, dan putra mereka Hans Einstein dari tahun 1903 hingga 1905.

Rose Garden adalah salah satu taman terindah di Bern dan menawarkan pemandangan tak tertandingi ke atas atap Kota Tua yang bersejarah, Minster, dan lingkaran sungai Aare. Bunga sakura yang memesona di musim semi, sekitar 250 jenis bunga mawar yang bermekaran di musim panas.

7. Etimologi nama Bern tidak pasti

Kota Bern, Swiss

Photo :
  • pixabay/Pfüderi

Legenda lokal mengatakan bahwa Berchtold V, Adipati Zhringen, pendiri Kota Bern, bersumpah untuk menamai kota itu dengan nama hewan pertama yang dia temui saat berburu; karena ini ternyata beruang, kota itu memiliki nama dan binatang heraldiknya. Namun, hubungan antara Bern dan Bar (beruang) adalah etimologi rakyat.

Sudah lama dianggap mungkin bahwa kota itu dinamai kota Italia Verona, yang pada saat itu dikenal sebagai Bern dalam bahasa Jerman Menengah Atas. Bahasa resmi di Bern adalah (Swiss variety of Standard) Jerman, tetapi bahasa yang paling banyak digunakan adalah dialek Alemannic Swiss German, Bernese German.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya