5 Fakta Freetown Christiania, Kota Tanpa Hukum di Dunia

Freetown Christiania
Sumber :
  • Travel Addicts

VIVA Lifestyle – Di tengah Kopenhagen Denmark adalah komunitas yang beroperasi secara mandiri. Mereka memiliki hukum mereka sendiri, bendera mereka sendiri dan cara hidup mereka sendiri. Freetown Christiania atau hanya Christiania, adalah tempat unik yang lebih dari sekadar lingkungan di Kopenhagen. Menyadur dari laman Contiki, berikut 8 hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi Freetown Christiania.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

1. Freetown Christiania adalah masyarakat yang mengatur diri sendiri
Christiania bukan sekadar kota, melainkan  cara hidup. Komunitas alternatif awalnya muncul pada tahun 1971, setelah sekelompok tunawisma mengubah daerah militer yang ditinggalkan menjadi rumah. 

Sejak itu berkembang menjadi komunitas yang otonom dan dapat beradaptasi dengan hampir 1000 anggota, yang semuanya setuju untuk hidup dengan seperangkat prinsip tertentu yang mencakup keadilan, kesetaraan, tidak ada pajak, dan memiliki undang-undang mereka sendiri yang sepenuhnya independen dari pemerintah Denmark. 

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Di dalam negara ini adalah daerah yang ramai, menyenangkan, dan seringkali kontroversial yang telah bekerja dengan pemerintah setempat untuk mempertaruhkan klaimnya atas tanah tersebut dan diakui sebagai negara bebas. 

Ini adalah gerakan kontra-budaya yang sangat hippy dalam gaya dan hampir merupakan eksperimen sosial berskala besar untuk melihat apakah itu benar-benar berhasil. 

Ribuan Mobil Daihatsu Memadati Area Bekasi

2. Ada aturan di Freetown Christiania

Freetown Christiania

Photo :
  • theculturetrip.com

Meskipun beroperasi di luar hukum Denmark, Christiania memiliki seperangkat aturan sendiri untuk menjaga perdamaian, banyak di antaranya didasarkan pada pandangan 'hippy' yang idealis. Aturan pertama adalah nol kekerasan. 

Komunitas tidak mengizinkan senjata api, pisau, rompi antipeluru, obat-obatan terlarang, warna warni pengendara motor atau geng, atau pencurian apa pun yang benar-benar dapat mendorong kekerasan. 
Aturan lain di Christiania adalah tidak lari. Berlari berarti ada sesuatu yang harus dihindari, dan budaya ketakutan adalah sesuatu yang ingin mereka hindari. Mobil juga tidak diperbolehkan, semua orang berkeliling dengan sepeda. 

3. Ganja adalah hal biasa, tetapi belum tentu legal
Sementara obat-obatan keras sangat dilarang, merokok ganja adalah bagian besar dari gaya hidup di Christiania. Elemen hippy hidup dan sehat, bahkan ada area khusus untuk berbelanja hash yang disebut Green Light District. 
Sementara pemerintah setempat telah mencoba untuk menindak transaksi di Christiania, itu tidak pernah cukup macet dan Distrik Lampu Hijau masih memiliki banyak kios yang menjual ganja. 

Sebuah kata peringatan, penggerebekan polisi sering terjadi dan sementara polisi mungkin menutup mata terhadap penduduk yang mengambil sampel beberapa, mereka tidak akan tahan dari turis dan kamu dapat ditampar dengan denda atau ditangkap.

4. Pemandangan kafenya luar biasa
Freetown Christiania memiliki sesuatu untuk setiap selera. Mereka sangat multikultural dalam cara hidup mereka, dan dalam cara mereka makan. Kafe-kafenya apik, sejuk, dan menyajikan produk segar dengan harga lebih murah daripada kota Kopenhagen yang agak mahal. 

Komunitasnya sangat ramah vegan dan vegetarian, tetapi kamu dapat menemukan daging di sini. Banyak tempat hanya menyajikan makanan organik yang ditanam secara lokal, dan menjual berdasarkan gaya prasmanan sehingga tidak ada yang sia-sia. Temukan tempat di luar di atas meja kayu besar dan bersantai.

5. Orang Denmark lainnya tidak menyukai komunitas

Freetown Christiania

Photo :
  • theculturetrip

Kamu mungkin berpikir Christiania dibenci di Kopenhagen, tetapi itu salah besar. Banyak orang Denmark memandangnya sebagai komunitas yang sukses berkat nilai-nilainya. Meditasi dan yoga populer di sana, sangat hijau dan ramah lingkungan, pusat seniman dan pengusaha, dan tempat tujuan pecandu narkoba. 

Yang terakhir mungkin terdengar aneh, tetapi mereka diterima di Christiania (seperti juga orang lain yang berpikir alternatif) dan mampu pulih dan berkembang sebagai bagian dari komunitas. Orang Denmark yang selalu praktis memandangnya sebagai kemenangan karena ada tempat yang ada secara berbeda dan bagi masyarakat untuk mencoba jalan baru.

6. Mereka memimpin tuntutan dalam keberlanjutan
Christiania melakukan lebih baik daripada kebanyakan kota. Seiring dengan ekonomi mandiri dan kebijakan tanpa mobil, masyarakat juga ramah lingkungan. Ada Stasiun Penggunaan Kembali untuk bertukar dan berbagi barang (sisanya didaur ulang), mereka mengumpulkan air hujan dan menyimpannya di tangki, memiliki toilet kompos di area yang tidak terhubung ke sistem pembuangan limbah dan banyak bangunan dilengkapi dengan panel surya atau kincir angin. 

Bahkan ada pemandian umum yang mendapatkan air panas dari panel surya di musim panas! Mereka berkomitmen untuk membuat kompos dan bahkan memiliki 'polisi penciuman' yang berkeliling untuk memastikan semua orang melakukannya dengan benar. 

Akar hippy komunitas telah memupuk gerakan kepedulian terhadap planet ini dan cara membuatnya bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

7. Ini sangat berwarna-warni
Gaya hidup hippy yang dinikmati warga Christiania merambah ke gedung-gedung, jalan-jalan, dan transportasi. Banyak sepeda dan rumah memiliki dinding berwarna cerah atau mural yang semarak. Faktanya, ada beberapa seni jalanan yang benar-benar menakjubkan di kota ini. Sungguh memanjakan mata dan indera untuk menemukan tempat yang mengekspresikan kreativitasnya secara terbuka.

8. Dilarang memotret

Ilustrasi wanita memotret.

Photo :
  • U-Report

Kamera dan fotografi sangat dilarang di Christiania. Foto-foto yang kamu lihat dari kota bebas semuanya oleh fotografer profesional atau orang-orang yang secara eksplisit diberi izin oleh komunitas. 

Ada tanda-tanda yang meminta tidak ada foto atau video yang diambil saat masuk dan penduduk setempat akan menegakkan ini. Terkadang mereka bahkan tidak mengizinkan kamu masuk jika kamu membawa kamera! Untuk alasan ini, kamu disarankan untuk menyimpan ponsel di dalam tas saat memeriksa kota, untuk berjaga-jaga jika seseorang mengira kamu mencoba mengambil foto secara diam-diam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya