Strategi Baru Biar Desa Wisata Naik Kelas, Bikin Wisatawan Betah

Desa Wisata Lerep
Sumber :
  • Instagram @desawisatalerep

VIVA Travel  – Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, jumlah angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia di bulan April 2022 mencapai 11.000, atau naik 5 (lima) kali lipat. Sementara itu jumlah kunjungan wisatawan nusantara per Mei 2022 mengalami kenaikan sebesar 40,41 persen atau sebanyak 19,8 juta orang.

Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

Naiknya angka kunjungan wisata oleh para turis tentu perlu diimbangi dengan kemampuan adaptasi dan inovasi yang baik dari para penggiat bisnis di industri pariwisata untuk bertahan di tengah persaingan, demi meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman wisata terbaik kepada seluruh pengunjung.

Salah satunya adalah program Jagoan Pariwisata, program yang bertujuan untuk memberdayakan para pelaku dan penggiat usaha wisata dari empat desa wisata Jejaring Desa Wisata (JADESTA), yakni yaitu Desa Mulyaharja di Bogor, Desa Condet di Jakarta Timur, dan Desa Kaki Langit Mangunan dan Desa Dewi Sambi yang berada di Yogyakarta. Sehingga para pelaku usaha wisata dapat mengembangkan bisnisnya dengan berkesinambungan dan memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Sandiaga Uno sebut Desa Wisata jadi garda terdepan ketahanan pangan

Photo :
  • Kemenparekraf

Para pelaku usaha wisata di empat Desa Wisata ini akan berkompetisi, meramu strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori yang dipertandingkan dalam ajang Jagoan Pariwisata.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Bersama Kemenparekraf kita luncur program ini. Tujuan mencari dan mau apresiasi para pelaku dan penggiat lokal di beberapa desa wisata terpilih yang di jejaring desa wisata. Desa wisata berpotensi cuman kita bisa lakukan sesuatu lagi agar mereka terekspose, agar mereka jadi lebih baik," kata Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com, Gaery Undarsa dalam virtual conference, Selasa 2 Agustus 2022.

Nantinya, para peserta akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan bisnis terpadu dari para ahli. Setelah melalui sesi mentoring dan lokakarya, di tahap akhir para peserta akan membuat proposal strategi bisnis dan mempresentasikan kepada jajaran juri.

Mentor-mentor yang memberikan pelatihan dalam program Jagoan Pariwisata merupakan karyawan tiket.com yang terdiri dari para profesional berbakat yang telah mengukir prestasi gemilang di bidang dan industri masing-masing dan saat ini tengah berkarier di platform online travel agent tersebut.

"Kami mendesain program ini agar juga turut membawa manfaat bagi karyawan kami, yaitu pengetahuan mendalam akan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku dan penggiat bisnis lokal di desa wisata. Harapan tiket.com adalah semoga para mentor tiket.com dan peserta program di 4 (empat) desa wisata dapat sama sama #BulatkanTiketmu temukan solusi strategis cerdas dan cermat untuk mengembangkan desa wisata mereka," kata Chief People Officer, tiket.com, Dudi Arisandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya