Kafe Ganja di Bangkok Ini Ramai Dikunjungi Wisatawan

Toko Ganja di Thailand.
Toko Ganja di Thailand.
Sumber :
  • AsiaOne.

VIVA Travel – RG420, kafe ganja yang baru dibuka beberapa hari lalu di Khao San, area Bangkok tengah menjadi sorotan. Kafe yang populer di kalangan backpacker itu telah dipadati pelanggan menjadi penanda kebangkitan wisata Thailand.

RG240 bukanlah kafe ganja satu-satunya yang muncul di Bangkok. Beberapa kafe sejenis juga telah bermunculan di seluruh ibu kota Thailand itu setelah Juni 2022 lalu, pemerintah Thailand melegalkan ganja.

Hal ini dilakukan menyusul dengan penurunan wisatawan asing menjadi 2 juta kunjungan pada paruh pertama 2022 dari hampir 40 juta pada 2019. Pemilik RG420, Ongard Panyachatiraksa dan pemilik kafe ganja lainnya memandang kafe mereka sebagai pusat upaya untuk menghidupkan kembali industri pariwisata yang berkontribusi sekitar 12% terhadap PDB sebelum pandemi menghantam.

Ilustrasi daun ganja.

Ilustrasi daun ganja.

Photo :
  • VIVA.co.id/Anry Dhanniary

Dia mengatakan ratusan telah mengunjungi kafe setiap hari, dan dia berencana untuk membuka yang lain.

"Orang Eropa, Jepang, Amerika, mereka mencari sativa Thailand (jenis ganja). Ganja dan pariwisata cocok," kata Ong.

Untuk diketahui, pada tahun 2018, Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang melegalkan ganja untuk penggunaan medis. Pada bulan Juni ini, seluruh tanaman ganja diperbolehkan untuk ditanam warga.