Tak Kalah Indah dari Afrika, Ini 5 Taman Nasional di Indonesia

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di Jawa Timur.
Sumber :
  • ANTARA/Vcki Febrianto

Jakarta - Taman nasional adalah destinasi wisata yang paling pas buat anda yang mencari tempat alami dan hijau. Berbagai keragaman hayati di kawasan taman nasional sudah tentu dilindungi, sehingga di sana anda dapat melihat aneka satwa maupun tumbuhan langka yang jarang dilihat manusia.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Berbicara masalah taman nasional, Afrika adalah jawaranya. Di sana memiliki banyak taman nasional dengan paket safari yang tersohor di dunia. Namun Indonesia ternyata juga memiliki taman nasional yang tak kalah keren dari taman nasional di sana.

1. Taman Nasional Gunung Bromo

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Bunga Edelweis di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur

Photo :
  • VIVA/ Lucky Aditya/ Malang

Taman Nasional Gunung Bromo-Tengger-Semeru terletak di Provinsi Jawa Timur. Taman nasional ini terkenal dengan keindahan panorama gunung berapi, seperti Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Wisatawan dapat melakukan pendakian, trekking, dan menikmati pemandangan yang spektakuler.

Ironi Perburuan Badak Jawa di Kawasan Konservasi Ujung Kulon, Cula Dijual Rp 280 Juta

2. Taman Nasional Komodo

Berwisata ke Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Taman Nasional Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, yang meliputi Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan sekitarnya. Taman nasional ini terkenal karena menjadi rumah bagi Komodo, kadal terbesar di dunia. Selain itu, pulau-pulau di sekitarnya juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon.

Photo :
  • U-Report

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Provinsi Banten, Pulau Jawa. Taman nasional ini merupakan habitat bagi badak Jawa yang terancam punah. Selain itu, Ujung Kulon juga memiliki pantai-pantai yang indah dan hutan tropis yang kaya biodiversitas.

4. Taman Nasional Bunaken

Suasana bawah laut Taman Nasional Bunaken.

Photo :
  • Instagram/@emenardiansyah

Taman Nasional Bunaken terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Taman nasional ini terkenal karena keindahan terumbu karangnya yang spektakuler dan kehidupan laut yang beragam. Para pengunjung dapat melakukan snorkeling, diving, dan menyaksikan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

5. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz, Papua.

Photo :
  • Doc. Pixgood

Taman Nasional Lorentz terletak di Provinsi Papua, Indonesia bagian timur. Taman nasional ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Lorentz adalah taman nasional terbesar di Asia dan merupakan rumah bagi berbagai ekosistem, termasuk pegunungan, hutan hujan tropis, dan gletser di puncak Gunung Jaya Wijaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya