7 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Masuk 3 Besar

Ilustrasi pantai
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Garis pantai adalah salah satu fitur geografis yang paling menarik dan penting bagi sebuah negara. Selain sebagai sumber daya alam yang berharga, garis pantai juga menjadi titik fokus bagi aktivitas manusia, seperti pariwisata, perdagangan, dan kegiatan ekonomi lainnya.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Beberapa negara memiliki garis pantai yang sangat panjang, membentang ribuan kilometer, memberikan mereka keunggulan alamiah yang besar. Dikutip dari Insider Monkey, berikut daftar negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Indonesia masuk di urutan tiga besar.

7. Jepang - Panjang Garis Pantai (29.751 KM)

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Jepang berada di urutan ke-7 dalam daftar 20 negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantainya rumit karena asal usul gunung berapi dan palung air dalam yang diakibatkan oleh posisi lempeng tektonik negara tersebut. Topografi bawah laut kepulauan Indonesia memainkan peran penting dalam menciptakan upwellings pesisir dan mendukung kehidupan laut unik yang jarang terlihat di tempat lain.

6. Filipina - Panjang Garis Pantai (36,289 KM)

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Filipina memiliki salah satu garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantainya dicirikan oleh konfigurasinya yang tidak beraturan, dengan banyak pulau dan pulau kecil yang tersebar di seluruh nusantara. Filipina menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi karena pantainya. Beberapa pantai terpopuler di negara ini antara lain Pantai Marimegmeg, Palawan, yang dikenal sebagai perbatasan terakhir di Filipina. Pantai dekat El Nido ini menawarkan pasir putih, tebing kapur, laguna indah, dan beragam satwa liar.

5. Rusia - Panjang Garis Pantai (37.653 KM)

Pantai di Rusia

Photo :
  • Pixabay

Rusia termasuk di antara lima negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantainya berbatasan dengan Samudera Arktik di Utara, Samudera Atlantik di barat, dan Samudera Pasifik di timur. Namun, erosi pantai merupakan masalah yang signifikan di negara ini karena sekitar 25.000 kilometer pantai laut mengalami erosi parah, khususnya di Arktik Rusia di mana garis pantai permafrost rentan terhadap erosi akibat naiknya permukaan laut dan kawasan thermokarst.

4. Greenland - Panjang Garis Pantai (44.087 KM)

Greenland termasuk di antara lima negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantainya dicirikan oleh ciri-ciri dramatis seperti fjord yang sangat menjorok, pegunungan yang menjulang tinggi, dan gletser. Garis pantai di negara ini sebagian besar berbatu dan menawarkan lingkungan yang terjal namun menakjubkan bagi satwa liar dan pengunjung.

3. Indonesia - Panjang Garis Pantai (54.716 KM)

Pantai di Tanjung Lesung.

Photo :
  • Istimewa

Indonesia berada di urutan ketiga dalam daftar 20 negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantainya mencakup lebih dari 17.000 pulau, beberapa di antaranya seperti Bali adalah salah satu tempat wisata paling populer. Namun, Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang paling rentan secara global terhadap dampak krisis iklim, dimana masyarakat pesisir dan ekosistem yang rapuh semakin berisiko.

2. Norwegia - Panjang Garis Pantai (83.281 KM)

Norwegia berada di urutan kedua dalam daftar negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantainya dibentuk oleh gletser yang membentuk lembah dan fjord, menciptakan lingkungan yang unik dan menakjubkan.

1. Kanada - Panjang Garis Pantai (202.080 KM)

Kanada berada di puncak daftar 20 negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, dan itu pun dengan selisih yang signifikan. Garis pantainya lebih dari dua kali lipat garis pantai negara kedua dalam daftar ini. Garis pantainya yang luas dibatasi oleh Samudera Pasifik, Atlantik, dan Arktik, menawarkan beragam geografi dan pantai yang menakjubkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya