3 Negara Dengan Paspor Terlemah di Dunia Tahun 2024, Ada Indonesia?

Ilustrasi Paspor di Dunia
Sumber :
  • Henley Passport Index

VIVA – Paspor dokumen resmi dikeluarkan oleh pejabat yang berwewenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Sederhananya, paspor pengganti Kartu Tanda Penduduk saat kamu berada di luar negeri. Paspor yang bisa mengunjungi negara terbanyak tanpa memerlukan visa, dikategorikan sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia.

Namun sebaliknya, paspor yang bisa mengunjungi negara tanpa visa paling sedikit, dikategorikan sebagai negara dengan paspor terlemah.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ilustrasi tiket pesawat dan paspor.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Kemudian, yang selalu jadi pertanyaan, Indonesia ada di peringkat berapa? dalam Partners Passport Index, Indonesia berada dalam peringkat ke 66 bersama dengan Kazakhstan dan Eswatini yang menawarkan akses ke 78 negara bebas tanpa visa. Indonesia tertinggal jauh dari negara jiran yakni Malaysia berada di peringkat 12 yang menawarkan akses ke 128 negara.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Indonesia berada di posisi tidak jauh dari Thailand yang berada di posisi 63 yang menawarkan akses ke 68 negara.

Melansir Partners Passport Index, Senin 4 Maret 2024, Berikut tiga negara dengan indeks rapor terlemah pada tahun 2024.

Afganistan menjadi negara dengan paspor terlemah di tahun pertama 2024, warga negara yang memegang paspor Afganistan hanya dapat melakukan perjalanan tanpa visa ke 28 negara di dunia. secara garis besar, Afganistan hanya dapat mengunjungi 12 persen negara di dunia tanpa visa.

Alasan utama yang menjadi  faktor kelemahan paspor negara ini, yakni tentang politik yang tengah memanas di tanah Afganistan, Taliban yang berkuasa di negara tersebut sejak 2021. selain faktor politik, faktor ekonomi turut menjadi alasan lain terkait lemahnya paspor negara tersebut.

Suriah nmenjadi negara paspor terlemah kedua, warga negara Suriah hanya bisa mengunjungi 29 negara di dunia. sejak perang pada tahun 2011, hampir separuh populasi Suriah yakni sekitar 22 juta jiwa pada saat itu mengungsi keberbagai negara.

Negara yang memperbolehkan perjalanan bebas visa untuk warga negara Suriah yakni, Malaysia, Dominika, Iran, Kenya, Kepulauan Cook, Samoa, Seycheles dan Federasi Mikronesia.

Suriah menjadi salah satu negara dengan penurunan terbesar sejak tahun 2014 hungga saat ini. Paspor negara ini turun sebanyak 14 peringkat sehingga saat ini berada di urutan keempat sebagai negara dengan penurunan peringkat paspor terbesar.

3. Irak

Irak menjadi salah satu negara Timur Tengah yang memiliki paspor lemah. Negara ini berada diperingkat ketiga yang hanya bisa mengunjungi 31 negara tanpa visa. Salah satu negara yang dapat dikunjunginya yaitu, Malaysia, Iran, Suriname, Samoa, Kenya, Zambia da lainnya.

Politik menjadi salah satu penyebab lemahnya paspor negara ini. Sehingga, hanya sedikit negara yang bekerja sama dengan Irak untuk mengizinkan perjalanan bebas visa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya