FOTO: Sajian Pagi Eksotik di Danau Ranu Kumbolo

ranu kumbolo
Sumber :

VIVAlife - Terletak di pegunungan Tengger di kaki Gunung Semeru, danau Ranu Kumbolo memang tampak tersembunyi dan asing. Namun bagi pecinta alam dan para pendaki, tentunya danau ini sudah masuk dalam daftar akrab. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

ranu kumbolo

Masih dalam areal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, danau Ranu Kombolo biasanya menjadi persinggahan para pendaki dari ketiga gunung ini. Untuk sampai disini, dibutuhkan perjuangan ekstra karena Anda harus melewati jalur trekking sepanjang 9,5 kilometer.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Medannya pun sudah tentu tak mulus, dengan tanjakan terjal dan jurang di sisi kanan kiri. Biasanya, para pendaki siap menakhlukkan jalur ini dalam waktu 4 jam, plus bersantai sebentar untuk memanjakan mata dengan pemandangan dan menikmati kabut dingin di tiga pos peristirahatan yang tersedia. 

Hanya saja di pos tertinggi, kabut akan semakin tebal dan menghalangi pandangan mata. Ini merupakan tantangan tersulit bagi para pendaki sebelum mendapati keindahan danau biru seluas 14 hektar ini.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

ranu kumbolo

Anda dapat berlama-lama merasakan keindahan dan kesejukan Ranu Kumbolo di hamparan rumput luas yang mengelilinginya. Jika belum puas menikmati dalam hitungan jam, Anda juga dapat mendirikan tenda untuk menginap. Para petualang biasanyanya menggunakan perbukitan di sebelah Barat danau sebagai lokasi perkemahan.

ranu kumbolo

Tidak perlu khawatir sendiri, puluhan kelompok pendaki menempati perbukitan ini, dan membuat api unggun sebagai penghangat tubuh. Dan suasana paling eksotik dapat dirasakan saat bangun pagi. Mata akan disapa dengan kabut tebal dengan cahaya matahari yang menyelinap. 

Rekomendasi wisata lokal lain dan penginapan murah, klik gonla.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya