Menengok Tenda Batu Purba Kasha-Katuwe

Kasha-Katuwe Tent Rocks National Monument
Sumber :
  • iStock

VIVAlife – Amerika Serikat tidak hanya tentang New York, Los Angeles atau Washington DC. Masih banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi di Negeri Paman Sam, salah satunya pegunungan Jemez, yang terletak di New Mexico, antara Albuquerque dan Santa Fe.

Di areal pegunungan tersebut, terdapat formasi batu unik yang disebut Tenda Batu Kasha-Katuwe.

Dilansir Amusing Planet, formasi batu tersebut bahkan telah ditetapkan sebagai monumen nasional pada 2001 silam. Pasalnya, Kasha-Katuwe merupakan peninggalan purba.

Menilik sejarahnya, formasi batu tersebut telah berusia sekitar 7 juta tahun. Diperkirakan formasi batu berbentuk tenda itu merupakan hasil erupsi gunung berapi Jemez.

Kemenag Siapkan Skenario jika Bandara Minangkabau Tak Beroperasi akibat Erupsi Selama Masa Haji

Berbeda dengan erupsi gunung berapi yang umumnya memuntahkan lava dan lahar panas langsung ke lereng gunung, erupsi Gunung Jemez berupa aliran pyroclastic yang justru secara perlahan membentuk kerucut.

Semakin lama, angin dan air mengikis batuan tersebut dan membentuk ujung kerucut, serta dinding “tenda” yang semakin halus, termasuk membentuk tebing dan jurang di sekitarnya. Akibat pengaruh alam, masing-masing tenda punya ketinggian bervariasi, mulai beberapa kaki hingga setinggi 30 meter.

Adapun nama Kasha-Katuwe diambil dari desa di dekat Gunung Jemez yang sebelumnya dihuni manusia, sekitar 7000 tahun lalu. Masyarakat Indian kuno, Suku Pueblo, mendiami daerah tersebut yang dibuktikan dengan tulisan petroglif dan reruntuhan tempat tinggal mereka.

Kendati terdapat jejak para petualang Spanyol di abad ke-14, Kasha-Katuwe baru tersentuh peradaban modern di awal abad ke-18.

Tertarik mengunjunginya?

Direktur Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse Kriminal Polri, Brigadir Jenderal Polisi Mukti Juharsa

Brigjen Mukti Sebut Gembong Narkoba Fredy Pratama Sudah Kehabisan Modal

Total 62 orang ditetapkan sebagai tersangka perihal kasus narkoba yang berkaitan dengan jaringan Fredy Pratama.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024