Phugtal Monastery, Vihara Unik Seperti Sarang Lebah

Phugtal Monastery
Sumber :
  • Amusing Planet
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Phugtal Monastery atau Phuktal Gompa adalah salah satu vihara yang paling terisolasi di selatan timur distrik Ladakh Jammu dan Kashmir, di India.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Tempat ini bisa dikatakan sangat curam karena berada di tepi tebing. Seperti dilansir
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon
Amusing Planet biara ini memiliki konstruksi unik, dibangun dengan lumpur dan kayu. Desain bangunannya tak biasa karena dibangun dengan pintu masuk berupa gua alami yang menghadap anak sungai utama dari sungai Lungnak. Dari kejauhan, biara tampak seperti sarang lebah raksasa.


Phuktal Gompa didirikan pada awal abad ke-12 oleh Gangsem Sherap Sampo, seorang murid Gelug founder Tsongkhapa. Biara ini merupakan harta karun bagi banyak orang.


Phuktal yang memiliki desain unik ini terisolasi dan dijadikan lokasi spiritual karena biarawan terlindungi saat bermeditasi di gua-gua daerah ini. Biara ini memiliki empat ruang ibadah, perpustakaan, fasilitas mengajar, dapur, kamar tamu, dan tempat tinggal untuk sekitar 70 biarawan. Lukisan dinding dan langit-langit menghiasi biara ini.


Phuktal Gompa adalah salah satu dari beberapa vihara di Ladakh yang dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki. Namun setelah melihat bangunan yang unik di tebing ini, setiap orang pastinya terpesona akan keindahan bangunannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya