Menyusuri Terowongan Es Terbesar di Dunia, Ada di Islandia

Langjokull
Sumber :
  • intotheglacier.is
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Biasanya, sebuah gua terbuat dari bebatuan yang dipahat dan dijadikan tempat berlindung untuk manusia pada zamannya. Namun, bagaimana bila gua dan terowongan terbuat dari es?

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Baru-baru ini, sebuah terowongan terbesar di dunia terbuat dari es digali di lereng barat salah satu gletser terbesar di Islandia, bernama Langjokull.
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon


Terowongan dan gua tersebut membentang sepanjang 550 meter ke dalam es gletser padat dan kedalaman sekitar 30 meter di bawah permukaan, menjadikannya gua es buatan manusia terbesar di dunia.


Dilansir
Amusing Planet
, proyek unik ini bisa dilalui oleh manusia dan dijadikan objek wisata. Memungkinkan pengunjung untuk memiliki kesempatan langka untuk melihat bagaimana salju secara bertahap dikompresi menjadi es dan terbentuk gletser.


Kunjungan bernama "Ke gletser" adalah gagasan dari dua operator tur Islandia, Baldvin Einarsson dan Hallgrimur Örn Arngrímsson, yang ingin membawa pengunjung ke jantung tutup es gletser yang luar biasa, untuk melihat betapa megah "blue ice" yang terkubur jauh di bawah permukaan.


Keduanya bekerja di dalam gua mulai tahun 2010, dan selesai awal tahun ini. Kemudian resmi dibuka untuk pengunjung 1 Juni 2015. Meskipun menjadi tempat wisata, terowongan ini juga digunakan oleh para peneliti dan mahasiswa di Islandia untuk mengukur gerakan es dari waktu ke waktu.


Perjalanan menuju terowongan es dimulai dengan perjalanan menggunakan truk rakasasa ke pintu masuk gua, yang terletak 1.200 meter di atas permukaan laut. Dari sana pengunjung dapat menjelajahi terowongan selama satu jam. Mereka akan melihat ceruk-es, moulins, air yang mengalir, lapisan es, berbagai jenis salju, dan bagaimana gletser berkembang.


Dinding menyala memimpin dalam terowongan yang tipis-diukir dan cekung pada berbagai interval sepanjang terowongan ke rumah pameran pendidikan dan memberikan informasi tentang ilmu gletser dan dampak pemanasan global. Bahkan ada sebuah kapel kecil di mana pasangan bisa menikah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya