Efek Positif yang Bisa Dirasakan Saat Lama Hidup di Jepang

Menikmati Bunga Sakura
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVA.co.id - Bagi seorang pendatang, tinggal di kota berbeda dalam satu negara saja sudah cukup untuk membuat terkejut. Perbedaan bahasa, kultur hingga makanan terkadang membuat orang sulit beradaptasi.

Bayangkan, saat orang harus menjalani kehidupan sebagai pendatang di negara lain. Bukan hanya soal bahasa dan makanan, perbedaan suhu, jenis huruf juga merupakan tantangan tersendiri bagi setiap orang. Apalagi, ketika Anda harus menetap lama di Jepang untuk suatu pekerjaan, atau kegiatan liburan.

Cara Dion Wiyoko Mengejar Cinta Pamela Bowie di Jepang

Belakangan, Jepang memang menjadi tujuan favorit sejumlah masyarakat Indonesia saat berlibur. Agar bisa menyesuaikan diri saat berada di sana ada sejumlah informasi untuk Anda.

Biasanya, pendatang akan mulai terpengaruh dengan tempat dia tinggal saat ini. Dilansir dari Rocketnews 24, berikut ini pengaruh yang timbul dari setiap pendatang yang menetap di Jepang.

Pengaruh sosial

Berada di lingkungan orang-orang yang sopan, ternyata memberi dampak positif bagi para pendatang. Salah seorang pendatang mengatakan "Saya menjadi orang yang lebih baik daripada sebelumnya," kata salah seorang yang pernah merasakan tinggal lama di Jepang.

Sedangkan yang lain mengatakan, mereka menjadi orang yang lebih memperhatikan orang lain dibanding dia sendiri.

"Saya lebih sensitif pada perasaan dan kebutuhan orang lain, juga pada kesulitan pada hubungan interpersonal," tambahnya.

Pengaruh bahasa

Adanya konsep "ichinichi ichizen", atau satu hari satu hal baik, membuat orang lebih memikirkan baik-baik tentang bagaimana mereka menjalani kehidupan.

Makna kata tersebut adalah saat mengerjakan hal baik tidak selalu mudah, kita harus mencoba untuk melakukan hal baik setiap hari, meski itu hal kecil.

Pengaruh filosofi

Salah satu konsep yang telah membantu orang untuk mengatur hidupnya adalah Ikigai atau "tujuan hidup." Ikigai berbeda antara satu orang dan lainnya. Selain itu, masih ada konsep lain seperti, wa atau harmoni, mushin atau tidak dipikirkan.

Pengaruh seni

Keseluruhan budaya Jepang dicerminakan melalui secangkir teh hijau. Ada makna mendalam dalam setiap gerakan kecil pada seni budaya Jepang, seperti upacara minum teh, di mana setiap aspek dalam pembuatan teh dinilai sebagai hal yang telah dilatih secara terus menerus untuk menerima hasil sempurna. (asp)

Mengintip Kebahagiaan Syahrini Plesir ke Jepang
Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Din Syamsuddin.

Din Syamsuddin Raih Penghargaan dari Pemerintah Jepang

Din dinilai berperan penting dalam mempererat hubungan RI-Jepang.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016