Mengintip Ide Kreatif Akuarium Masa Depan

Akuarium rancangan Lissoni Architettura
Akuarium rancangan Lissoni Architettura
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA.co.id – Sebuah akuarium futuristis dirancang oleh tim arsitek Italia yang dipimpin oleh Piero Lissoni, pimpinan Lissoni Architettura. Rancangan akuarium miliknya memenangkan kompetisi yang diselenggarakan oleh Arch Out Loud.

Akuarium rancangan Lissoni menampilkan kehidupan bawah laut dan diisi oleh berbagai makhluk laut, gunung es dan planetarium. Rancangan yang diberi nama Aquatrium ini adalah konsep gabungan dari akuarium, pulau dan taman umum.

Dilansir dari Daily Mail, dalam proyek tersebut diperlihatkan pada para pengunjung yang datang berkumpul di atrium terbuka dilengkapi oleh delapan gelembung besar yang memperlihatkan vegetasi laut. Akuarium memiliki jalan yang dapat menghubungkannya dengan daratan terdekat. Selain itu, akuarium ini memiliki atap yang bisa dibuka-tutup. Ketika atap akuarium tersebut tertutup, ia akan beralih fungsi menjadi planetarium.

Atrium tersebut memiliki bioma--secara iklim dan geografis berarti wilayah yang memiliki sifat geografis dan atau iklim yang sama-- dari berbagai samudera seperti Atlantik, Pasifik, Hindia dan laut Karibia, Mediterania, Tasman dan Laut Merah. Gumpalan es di akuarium tersebut mewakili kutub utara dan kutub selatan. Fitur tambahan dari akuarium ini adalah para pengunjung dapat melihat keindahan kota Manhattan dari ketinggian di sebuah pulau. Di akuarium tersebut juga akan ada paus, hiu dan pari Manta.

Akuarium dan taman tersebut ditempatkan di Eleventh Street Basin, Long Island City, New York. "Kami menciptakan sistem yang dinamis dan memiliki interaksi dengan lingkungan sekitar, menyuguhkan berbagai cara untuk menikmati dunia bawah laut yang terdapat dalam sebuah gelembung transparan raksasa," kata Lissoni.

Ia menambahkan bahwa gagasan utama proyek ini adalah untuk menciptakan sebuah lingkungan bagi para pengunjung untuk menjelajahi keindahan kehidupan bawah laut.

Baca juga: